4 Cara Belajar Pemrograman Dasar untuk Pemula

3 Cara Belajar Pemrograman Dasar untuk Pemula, Cara Kompres Video Gratis

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana fitur pada aplikasi di ponsel Anda bekerja? Atau mungkin saat ini Anda membaca artikel ini dengan laptop? Pernahkah terbayang bagaimana software pada laptop Anda bekerja dan kemudian terhubung dengan internet, lalu memunculkan halaman yang ada di hadapan Anda sekarang?

Kecanggihan teknologi informasi saat ini tak luput dari makin berkembangnya dunia. Adalah programming, alias pemrograman, yang menghubungkan algoritma satu ke lainnya dengan sebuah bahasa pemrograman khusus. Jika nama seperti Java dan Phyton terdengar familiar untuk Anda, artinya Anda tahu secara umum bagaimana sebuah program bekerja.

Lalu apakah membuat program bisa dipelajari oleh siapapun? Apakah ada syarat khusus belajar pemrograman? Kabar baiknya siapapun bisa belajar pemrograman, asal niat dan tekun.

Penasaran bagaimana cara belajar pemrograman yang mudah untuk pemula? Ternyata ada beberapa cara untuk membuat kegiatan belajar pemrograman Anda berhasil. Simak 4 caranya berikut ini.

 Cara Belajar Pemrograman Dasar untuk Pemula

Tentukan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah salah satu bagian inti dari programming. Yang dimaksud dengan bahasa pemrograman adalah cara Anda membuat sebuah program dengan sintaks atau kumpulan kode.

Apakah wajib mempelajari bahasa pemrograman? Tentu saja. Ini adalah cara untuk membuat program mengerjakan apa yang dibutuhkan.

Maka, tentukan apa bahasa pemrograman yang ingin dipelajari. Fokus ke satu bahasa pemrograman, buat jadwal dan catat apa yang sudah dipelajari dan akan dipelajari. Untuk yang masih pemula, bisa mulai belajar HTML sebelum melangkah ke bahasa pemrograman lain.

Pilih Sumber Belajar dan Tutorial Lengkap

Belajar tanpa sumber ilmu sama seperti berjalan di tempat gelap tanpa penerangan. Untuk belajar pemrograman Anda wajib punya referensi yang tepat.

Ada banyak modul atau sumber referensi lain yang wajib dipilih dan dipilah sebelum dipakai. Untuk mempermudah proses pemahaman, ikuti video tutorial pemrograman dan internet yang terarah dan detil.

Salah satu tutorial pemrograman dan internet adalah lewat sahretech.com. Situs ini dibuat oleh programmer handal professional dengan jam terbang tinggi. Anda bisa belajar banyak hal dan meningkatkan skill melalui panduan tutorialnya.

Melalui sahretech, Anda bisa mengakses tutorial pemrograman php, javascript, laravel, vue js, flutter, dan mysql. Selain tutorial tentang pemrograman dan internet, situs ini juga membagikan banyak artikel sejenis yang bisa menambah wawasan Anda.

Selain tentang tutorial pemrograman dan internet, Anda bisa menemukan tutorial komputer terlengkap, mulai dari dasar sampai hal menarik lain yang memanfaatkan fitur di komputer. Sahretech juga menulis artikel terkait dunia komputer lainnya seperti blog, wordpress, ms. office, windows, google, sejarah, teori, dan ilmu di bidang teknologi.

Praktek lagi dan lagi

Terus belajar tanpa praktek ilmu yang dipelajari sama dengan nihil. Anda harus ulet, gigih, dan tak patah semangat untuk mempraktikkan apa yang sudah Anda pelajari.

Tipsnya, sering-seringlah berlatih walau sebentar. Ini lebih baik dariapda belajar banyak sekaligus dan baru dipraktikkan. Terlalu lama belajar dan berkutat dengan buku dan tutorial juga kurang baik untuk persiapan belajar pemrograman Anda.

Buat rencana belajar dengan memasukkan waktu praktik sebanyak mungkin. Practice makes perfect berlaku baku dalam belajar pemrograman.

Gunakan Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Tahukah Anda, dalam belajar programming ternyata tidak boleh murni copy-paste. Anda dituntut untuk bisa memodifikasi apa yang diajarkan di modul atau tutorial.

Pada dasarnya, belajar pemrograman juga membutuhkan ketekunan untuk mengembangkan apa yang sudah dipelajari. Dengan tidak meniru 100% , maka ini akan memaksa Anda untuk mampu berhadapan dengan pemrograman yang berbeda.

Dengan mengamati, meniru, lalu memodifikasi, Anda akan berlatih mengembangkan kreativitas. Perlahan tapi pasti, kemampuan programming juga akan meningkat.

Membuat program seperti mengerjakan soal matenatika, ada masalah yang dipecahkan dengan logika. Jadi, jangan putus asa jika Anda masih pemula dalam belajar pemrograman. Gunakan analisis berpikir, kreativitas, logika dan kesabaran,

Ingat saat dulu Anda masih kecil dan kesulitan belajar berjalan, bersepeda, menghitung dan lainya Semua butuh kegigihan. Belajar programming terkenal rumit, tapi ketekunan dan kesabaran menjadi kuncinya.

Jangan ragu untuk bertanya pada orang lain yang berpengalaman. Di sahretech.com Anda akan terbantu menyelesaikan kendala yang dihadapi saat belajar lewat tutorial pemrograman dan internet. Gunakan informasi yang ada di situs semaksimal mungkin agar proses belajar Anda semakin mudah.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.