Jenis – Jenis Cloud Computing Dan Fungsinya

Cloud computing adalah istilah untuk apa pun yang melibatkan penggunaan layanan yang dihosting di internet. Biasanya, jenis cloud computing termasuk dalam salah satu dari tiga kategori utama: IaaS, PaaS, dan SaaS.

Platform cloud bisa jadi pribadi atau publik. Meskipun solusi cloud publik dapat menawarkan layanan kepada siapapun secara online, cloud pribadi adalah pusat data atau jaringan eksklusif yang menyediakan layanan yang dihosting untuk orang-orang tertentu. Layanan cloud pribadi hadir dengan akses unik dan pengaturan izin untuk memastikan perlindungan untuk data sensitif.

Istilah “cloud computing” berasal dari simbol awan yang sering mewakili koneksi internet dalam diagram dan diagram alur. Infrastruktur cloud lengkap melibatkan semua komponen yang diperlukan untuk komputasi cloud, dari aplikasi SaaS hingga analitik data real-time, dan banyak lagi. Beberapa solusi platform cloud berkinerja tinggi juga hadir dengan akses ke teknologi yang mengganggu, seperti AI.

Jenis – Jenis Cloud Computing Dan Fungsinya

Jenis - Jenis Cloud Computing Dan Fungsinya

Solusi cloud computing hadir dalam berbagai solusi tergantung pada fungsionalitas kebutuhan bisnis Anda. Jenis platform cloud yang Anda dapatkan untuk sesuatu seperti SaaS akan sangat berbeda dari backend cloud yang Anda inginkan untuk manajemen data besar dan penyimpanan blok.

Berikut adalah beberapa jenis cloud computing dan fungsinya yang sangat penting :

1. SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan)

Software as a Service atau “SaaS” adalah sejenis solusi cloud computing publik. Dengan SaaS, Anda dapat mengirimkan aplikasi melalui internet, biasanya di browser. Misalnya, G-Suite dari Google adalah contoh SaaS, seperti Microsoft 365 dan Salesforce.

Layanan cloud yang dikirimkan dalam format SaaS dapat mencakup apa saja mulai dari aplikasi komunikasi perusahaan hingga alat manajemen hubungan pelanggan dan aplikasi cloud pembelajaran mesin. Banyak pemimpin SaaS saat ini mulai menawarkan opsi konfigurasi lanjutan dan lingkungan pengembangan yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi cloud mereka sendiri. Ini merupakan salah satu jenis cloud computing yang sangat penting.

2. IaaS (Infrastruktur sebagai Layanan)

Infrastructure as a Service atau “IaaS” adalah solusi lain dari penyedia layanan cloud publik. Dengan layanan cloud ini, perusahaan menawarkan komputasi dan layanan penyimpanan data, seringkali dengan basis pembayaran sesuai pemakaian. Pilihan lengkap layanan cloud yang ditawarkan oleh penyedia saat ini sangat besar. Anda dapat membuka semuanya mulai dari jaringan pribadi virtual (VPN) hingga database cloud dan alat pembelajaran mesin yang sangat scalable.

Layanan IaaS dapat mencakup pembelajaran mesin, alat pengembang, sistem monitoring aplikasi, dan banyak lagi. Amazon Web Services saat ini merupakan salah satu penyedia IaaS paling terkenal, bersama IBM dan Google Cloud Platform. Ini merupakan salah satu jenis cloud computing yang sangat penting.

3. PaaS (Platform sebagai Layanan)

Platform sebagai Layanan, atau PaaS, adalah solusi yang menyediakan rangkaian alur kerja dan layanan yang ditargetkan di DevOps. Pengembang dalam lanskap ini dapat menggunakan proses, alat, dan API bersama untuk mempercepat penerapan aplikasi perusahaan. Misalnya, Heroku dari Salesforce adalah solusi PaaS cloud yang populer, seperti Cloud Foundry dari Pivotal.

Solusi Platform as Service memastikan bahwa pengembang memiliki akses mudah ke sumber daya yang mereka butuhkan dan mengikuti proses tertentu untuk mencapai tujuan mereka. Sementara pengembang berinovasi dan membangun, penyedia layanan cloud PaaS memelihara infrastruktur TI layanan di bawahnya. Ini merupakan salah satu jenis cloud computing yang sangat penting.

4. FaaS (Functions as a Service)

Functions as a Service atau teknologi FaaS adalah rangkaian layanan cloud computing yang sedikit kurang dikenal di lingkungan saat ini. Ini pada dasarnya adalah versi cloud dari komputasi “tanpa server”, yang menambahkan lapisan lain ke PaaS sehingga pengembang diisolasi dari apa pun di tumpukan di luar kode mereka.

Alih-alih bekerja dengan server virtual, runtime aplikasi, dan penampung, mereka mengupload blok kode fungsional dan mengaturnya untuk memicu dari peristiwa tertentu, seperti pengiriman formulir atau file yang diunggah. Semua penyedia cloud utama saat ini menawarkan FaaS di atas IaaS, seperti Google Cloud Functions, dan Azure Functions. Ini merupakan salah satu jenis cloud computing yang sangat penting.

5. Cloud Pribadi

Di lingkungan cloud pribadi, Anda mengurangi jumlah teknologi yang diperlukan untuk menjalankan cloud publik IaaS, menjadi perangkat lunak yang dapat Anda terapkan dan operasikan di pusat data pelanggan.

Mirip dengan cloud publik, orang yang menggunakan resource cloud pribadi dapat menyediakan resource virtual mereka sendiri. Menggunakan alat ini, dimungkinkan untuk membangun, menjalankan, dan menguji aplikasi. Untuk administrator, cloud pribadi menawarkan dukungan terbaik untuk otomatisasi pusat data. Perusahaan meminimalkan pengelolaan dan penyediaan manual serta meningkatkan peluang cloud.

Contoh umum dari solusi awan pribadi termasuk OpenStack, untuk kinerja sumber terbuka, dan tumpukan yang Ditentukan Perangkat Lunak VMWare. Menariknya, beberapa pakar berpendapat bahwa solusi cloud pribadi tidak sesuai dengan definisi lengkap komputasi cloud. Awan pribadi meminta organisasi untuk membangun dan memelihara infrastruktur mereka sendiri. Namun, cloud, secara umum, adalah layanan. Ini merupakan salah satu jenis cloud computing yang sangat penting.

6. Cloud Hybrid

Cloud hybrid adalah integrasi dari solusi cloud publik dan pribadi. Dalam bentuknya yang paling canggih, awan hibrida umumnya mencakup pembuatan lanskap paralel di mana aplikasi dapat bergeser dari satu ekosistem ke ekosistem lainnya. Namun, ada contoh cloud hybrid dimana database dapat tetap berada di pusat data pelanggan dan terintegrasi dengan aplikasi publik.

Teams juga dapat mereplikasi beban kerja pusat data virtual ke cloud selama momen permintaan puncak untuk membentuk lingkungan hybrid. Jenis integrasi antara solusi publik dan privat bervariasi, tetapi koneksi yang tersedia harus ekstensif agar sesuatu menjadi cloud “hybrid”. Ini merupakan salah satu jenis cloud computing yang sangat penting.

7. Platform kolaborasi

Platform kolaborasi adalah penawaran yang sedang naik daun di dunia layanan cloud computing. Di dunia di mana tempat kerja berubah dengan cepat, platform kolaborasi memanfaatkan cloud untuk membuat orang dan tim tetap terhubung. Alat yang disertakan dalam platform kolaborasi cloud bergantung pada penyedia cloud computing yang Anda pilih. Layanan seperti RingCentral Glip menawarkan pengiriman pesan yang mudah untuk terlibat dalam percakapan dengan kolega hampir secara real-time.

Layanan seperti Microsoft Teams, Slack, dan Avaya Spaces mendukung berbagi file, konferensi video dan audio, serta fitur bermanfaat lainnya. Banyak penyedia cloud terkemuka yang berinvestasi dalam kolaborasi juga menyediakan API yang memungkinkan pelanggan menambah fungsionalitas alat mereka dengan hal-hal baru seperti koneksi CRM, atau bot. Ini merupakan salah satu jenis cloud computing yang sangat penting.

8. UCaaS (Komunikasi Terpadu sebagai Layanan)

Evolusi lingkungan “perangkat lunak sebagai layanan” mendorong transformasi cara perusahaan mengonsumsi teknologi. Ini khususnya benar dalam ruang komunikasi. Unified Communications atau “UC” mengacu pada platform yang menggabungkan semua alat komunikasi yang dibutuhkan perusahaan ke dalam satu lingkungan. Karena saluran komunikasi yang tersedia terus berkembang, lingkungan ini juga tumbuh dan berubah. Komunikasi Terpadu, sebagai Layanan, atau UCaaS, membantu bisnis untuk tetap menjadi yang terdepan.

Ekosistem UCaaS dibangun di atas fleksibilitas perangkat lunak sebagai model layanan. Dengan platform cloud untuk komunikasi terpadu, perusahaan dapat mengakses penyimpanan data cloud dan aplikasi cloud di tempat yang sama. Anda dapat menambahkan fitur untuk pembelajaran mesin, perpesanan, dan pemulihan bencana ke sistem UC Anda dalam hitungan menit. Penyedia UCaaS Anda juga dapat membantu Anda memanfaatkan layanan cloud dan aplikasi seluler baru tanpa perlu investasi di lokasi yang berlebihan. Ini merupakan salah satu jenis cloud computing yang sangat penting.

Cloud computing bukan lagi sekadar ide atau berita teknologi, ini adalah kenyataan bagi banyak bisnis dan peluang yang terus berkembang dari hari ke hari. Semoga informasi teknologi tentang jenis cloud computing ini bisa bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda yang saat ini sedang mencari layanan cloud.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *