4 Manfaat Payroll Software bagi Manajemen Perusahaan

Payroll atau penggajian adalah proses krusial pada perusahaan. Bagaimana tidak, 70% dari dana perusahaan mengalir pada sumber daya manusia dan payroll termasuk di dalamnya.

Meski begitu, payroll merupakan proses berulang yang seringkali menjadi distraksi bagi perusahaan.

Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan distraksi itu, payroll software menjadi solusi praktis yang wajib dipertimbangkan oleh pemilik bisnis.

Lantas sebenarnya manfaat apa yang bisa diberikan oleh payroll software bagi manajemen perusahaan?

Manfaat Payroll Software bagi Manajemen Perusahaan

Manfaat Payroll Software bagi Manajemen Perusahaan

1. Menghemat Waktu dan Uang

Menurut penelitian, karyawan payroll atau HR bisa menghabiskan waktu 10 jam dalam satu bulan hanya untuk mengurus penggajian karyawan.

Di samping itu, banyak perusahaan yang merekrut karyawan khusus untuk mengelola payroll dengan gaji tiga hingga lima juta per-bulan.

Padahal, proses payroll merupakan proses berulang yang artinya pekerjaannya bisa diotomatisasi khususnya oleh payroll software.

Dengan menggunakan payroll software, perusahaan bisa menghemat waktu hingga 8 jam dalam satu bulan hanya untuk mengelola payroll.

Dengan begitu, manajemen bisa lebih fokus pada bottom-line seperti penjualan atau retensi konsumen serta hal strategis lainnya terkait karyawan.

Karyawan juga bisa terhindar dari burnout atau kelelahan. Hal ini karena ketika memasuki periode penggajian, karyawan HR atau payroll bisa menghabiskan waktu seharian hanya untuk mengurusi penggajian.

Bukan hanya itu. Perusahaan juga bisa menghemat payroll labor cost karena tidak perlu lagi merekrut lebih banyak karyawan hanya untuk mengatur gaji atau payroll.

2. Data Lebih Aman dan Terkontrol

Proses payroll konvensional sangat berisiko terhadap kehilangan dan kerusakan data.

Di sisi lain, payroll konvensional juga berisiko menimbulkan kecurangan yang dilakukan oleh oknum karyawan.

Misalnya memanipulasi absensi, jabatan, reimbursement, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan biaya-biaya pada payroll.

Dengan menggunakan software, data penggajian dapat diolah, dikontrol, dan disimpan dengan aman dalam satu sistem terintegrasi.

Itu artinya seluruh data yang maksud bisa langsung diolah secara real-time dan otomatis sehingga manajemen HR tidak perlu lagi melakukan rekonsiliasi data yang memakan waktu lama.

Di sisi lain, manajemen perusahaan juga bisa mengakses data dengan cepat dan komprehensif.

Sehingga data yang ada dapat digunakan sebagai bahan analisis untuk digunakan dalam pengambilan keputusan dan menyusun rencana strategis.

3. Tracking Otomatis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa payroll konvensional sangat berisiko akan kecurangan baik yang dilakukan oleh oknum manajemen maupun karyawan.

Dengan menggunakan payroll software, manajemen bisa melacak segala aktivitas data karyawan.

Mulai dari kapan karyawan absen masuk dan pulang, jatah cuti karyawan, reimbursement, dan waktu lembur karyawan.

Hal ini pula juga yang dapat memudahkan manajemen untuk melakukan audit data karyawan.

4. Kemudahan dalam Membuat Laporan

Dengan menggunakan payroll software, perusahaan bisa dengan mudah membuat laporan secara komprehensif.

Bahkan dalam beberapa kasus, payroll software mampu diintegrasikan dengan sistem akuntansi perusahaan sehingga hal ini dapat mengurangi beban bagian akuntansi.

Berbeda dengan laporan konvensional, laporan dari payroll software dibuat secara komprehensif bahkan data yang disajikan memberikan statistik yang langsung dapat dianalisis.

Itulah empat manfaat dari payroll software bagi manajemen perusahaan. Manfaat lainnya dari penggunaan teknologi seperti payroll juga membantu bisnis bisa lebih beradaptasi dengan persaingan saat ini.

Jika perusahaan pesaing sudah technology savvy dan bisnis Anda belum melakukannya. Hampir dipastikan bisnis Anda akan tertinggal satu langkah dari pesaing.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *