Ini Alasan dan Cara Mengatasi Kebiasaan Belanja Berlebihan

Setiap orang memiliki alasan untuk belanja berlebihan dan itu normal. Anda bisa menghabiskan jutaan rupiah sekali jalan ketika ada diskon. Merogoh kocek cukup dalam di awal bulan untuk makan di restoran juga bisa terjadi. Bagaimana pun cara Anda menghabiskan uang, semuanya memiliki alasan yang akan dibahas di bawah.

Alasan Belanja Berlebihan

Alasan Belanja Berlebihan

1. Meniru Orang Lain

Ketika Anda sedang makan di restoran dan melihat bahwa semua orang memesan satu menu mahal di sana, apa yang akan Anda lakukan? Kemungkinannya adalah Anda akan ikut memesan menu yang sama.

Anda tidak perlu menyalahkan diri karena hal ini sudah diturunkan dari nenek moyang Anda. Menjadi berbeda dari orang lain tidaklah mudah. Kalaupun bisa, Anda harus tahan dengan tatapan semua orang.

2. Kartu Kredit Memudahkan Segalanya

Belanja online membuat proses belanja lebih mudah. Dengan sekali klik dan autodebet dengan kartu kredit sambil rebahan, barang yang dipesan akan sampai dalam beberapa hari. Pembelian semakin menggiurkan dengan adanya promo apply kartu kredit dan adanya PayLater dari Traveloka.

3. Bosan

Ketika bosan, orang biasanya akan jalan-jalan ke mal. Di saat itulah orang akan belanja makanan, minuman, dan barang tanpa menyadari berapa uang yang sudah dikeluarkannya.

4. Lupa Diri

Walaupun sudah mengatur bujet untuk ulang tahun dan membeli barang yang sangat dibutuhkan, lupa diri bisa terjadi. Saat itu, mengeluarkan banyak uang untuk hal lain yang tidak perlu hingga bujet untuk hal penting ikut terpakai bisa terjadi.

Cara Mengatasi Belanja Berlebihan

Cara Mengatasi Belanja Berlebihan

Selalu ada cara mengatasi suatu permasalahan, termasuk kebiasaan belanja berlebihan yang akan dibahas berikut.

1. Tunggu

Ketika ingin membeli suatu barang, tunggu beberapa hari. Selama itu, pikirkan apakah barang itu benar-benar dibutuhkan. Baiknya, tulislah semua barang yang ingin dibeli dan tunggu hingga bulan berikutnya. Dengan begitu, Anda bisa menyisihkan tambahan uang untuk membelinya.

2. Jangan Gunakan Emosi

Salah satu cara yang dipilih untuk melepas stres adalah berbelanja. Kejadian buruk di tempat kerja atau sekolah tidak bisa dijadikan alasan untuk membeli barang baru. Berbelanjalah secara sadar. Jangan berbelanja untuk mengatasi stres atau melepas kesedihan.

3. Coba Hal Baru

Daripada hanya jalan-jalan di mal, cobalah hal baru untuk mengatasi kebosanan. Anda bisa mencoba hobi baru, mengikuti komunitas, berolahraga, atau kembali melakukan kegiatan yang terlupakan.

4. Bayar Secara Tunai atau Debit

Anda tentu tidak akan membawa uang jutaan rupiah dalam dompet, bukan? Hal ini bisa digunakan sebagai trik untuk menahan diri dari belanja berlebihan. Dengan membayar secara tunai atau debit, Anda hanya akan membeli barang senilai jumlah uang yang ada di dompet atau di kartu debit.

Jika Anda harus melakukan perjalanan mendadak, tetapi uang sudah habis dialokasikan untuk kebutuhan lain, Anda bisa memanfaatkan PayLater dari Traveloka. Selain bisa menikmati produk Traveloka saat ini dan bayar di kemudian hari, Anda bisa menikmati fasilitas pembayaran yang didukung USP milik PayLater dan PayLater Card. #JujurGunaBanget, kan?

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *