Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?, Jasa Penerjemah Tersumpah, Tips Jualan Online Di Marketplace

Tidak sedikit orang yang mencoba peruntungannya dengan memulai bisnis online. Hal tersebut karena pengguna internet setiap harinya terus bertambah dan didukung akan kebutuhan penggunaan internet yang tidak terbatas.

Bekerja, belajar, dan berbelanja banyak dilakukan secara online. Menariknya memulai bisnis online bisa dilakukan dari nol dan cukup memerlukan modal kuota internet.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis online?

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Bagi Anda yang masih pemula bahkan awam terhadap bisnis online, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum mulai berjualan. Ini merupakan cara dasar yang harus dipahami dan dilakukan dengan baik.

Adapun cara memulai bisnis online untuk pemula, yaitu:

1. Melakukan Riset Pasar

Sebelum menjual suatu produk atau jasa Anda harus menentukan pasar mana yang akan menjadi target bisnis. Hal ini bertujuan agar produk yang dijual bisa sampai ke calon pelanggan.

Untuk itu, lakukan riset mengenai hal apa saja yang saat ini dibutuhkan oleh pasar. Karena, pada dasarnya ketika seseorang menjual produk harus bisa menjawab kebutuhan pasar.

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Jika Anda dapat memahami kebutuhan pasar dengan baik maka akan mudah dalam menentukan produk untuk dijual. Yang mana dapat menjual barang sesuai dengan target khusus. Misalnya, menjual sepatu untuk kalangan muda.

3. Tentukan Teknis Bisnis Online

Bisnis online memang terlihat mudah. Akan tetapi penting dalam memilih mekanisme apa yang akan digunakan untuk memulai bisnis online. Misalnya membangun website jualan sendiri, gabung dengan e-commerce, atau hanya berjualan di media sosial.

4. Buat Brand Unik dan Menarik

Memulai bisnis online tidak harus memiliki produk. Anda dapat menjadi reseller atau distributor. Walau begitu, jika berencana memiliki brand sendiri maka buatlah brand yang unik dan menarik, serta mudah diingat.

5. Cek Kompetitor

Penting untuk mengetahui kompetitor bisnis Anda. Yang mana Anda dapat belajar dari pesaing mengenai promosi yang dilakukan dan sebagainya. Terpenting jangan meniru mentah-mentah.

Setelah mengetahui cara memulai bisnis online untuk pemula di atas, selanjutnya akan dibahas mengenai hal apa saja yang harus disiapkan untuk memulai bisnis online dari nol.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Terjun di bisnis online tidak hanya dilakukan bagi mereka yang paham mengenai bisnis saja. Akan tetapi setiap orang memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan penghasilan.

Cara memulai bisnis online dari nol hampir sama dengan penjelasan memulai bisnis untuk pemula. Anda harus memahami kebutuhan pasar terlebih dahulu, menentukan produk yang akan dijual, dan beberapa poin tambahan di bawah ini.

1. Menentukan Model Bisnis

Produk yang akan Anda pasarkan mungkin sudah ada yang menjualnya. Walau begitu, jangan berkecil hati karena produk boleh sama, tetapi model bisnis yang dijalankan berbeda.

Misalnya untuk produk fisik Anda dapat menggunakan sistem dropship. Sedangkan untuk produk jasa bisa dengan afiliasi atau hal lainnya yang akan mendatangkan keuntungan lebih besar dengan model bisnis yang digunakan.

2. Mengelompokkan Target Pelanggan

Berjualan online memang dapat menjangkau pelanggan secara luas. Namun, dalam bisnis Anda tetap harus bisa mengelompokkan target pasar. Umumnya terdapat dua kategori yaitu berdasarkan demografi dan psikografi.

Demografi terdiri atas usia, status sosial, lokasi tempat tinggal atau domisili, gender, dan pekerjaan. Sedangkan psikografi dikelompokkan berdasarkan hobi, ketertarikan, dan nilai-nilai yang dianut.

3. Membuat Buyer Persona

Buyer persona adalah suatu gambaran ideal dari pelanggan Anda. Membuat buyer persona dengan membaginya menjadi dua kategori yaitu positif dan negatif.

Buyer persona positif merupakan pelanggan yang memiliki ketertarikan untuk membeli produk yang dipasarkan. Berbeda dengan buyer persona negatif yang merupakan kebalikannya. Bahwa calon pelanggan sama sekali tidak tertarik untuk membeli.

Contoh mudahnya, ketika Anda menjual produk branded buyer persona positif merupakan kalangan sosiola dan orang-orang kaya. Sedangkan buyer negatif secara status sosial merupakan kelompok ekonomi menengah ke bawah.

Dengan memahami hal di atas memulai bisnis online tidak akan terasa sulit walau terdapat banyak competitor. Selama memahami kebutuhan pasar, menggunakan model bisnis yang tepat maka bisnis akan berjalan lancar.

Rekomendasi Ide Bisnis Menguntungkan

Rekomendasi Ide Bisnis Menguntungkan

Jika Anda masih bingung ingin memulai bisnis yang bagaimana, berikut ini ide bisnis yang menguntungkan. Bahkan tanpa memiliki produk.

Reseller

Mudahnya berjualan online Anda bisa mulai sebagai reseller. Anda dapat menjual produk yang banyak dibutuhkan. Akan tetapi, memilih menjadi reseller tentunya perlu modal untuk membeli produk yang akan dijual kembali.

Dropship

Jika tidak memiliki modal maka cara memulai bisnis online bagi pemula dengan memilih sebagai dropship. Terjun sebagai dropshipper cukup dengan mencari penjual terpercaya dan Anda cukup mencari pelanggan.

Jasa Titip

Jastip atau jasa titip merupakan bisnis yang menguntungkan hingga saat ini. Anda cukup promosi di media sosial atau website untuk mendapatkan pelanggan.

Agar bisnis online berjalan lancar Anda dapat membuat website jualan sendiri melalui MokaPos. Yang mana dapat mengatur beragam pilihan pembayaran dan pengiriman sesuai kebutuhan pelanggan.

Keuntungan lainnya yaitu berupa situs yang terintegrasi langsung ke media sosial, seperti Instagram dan Facebook, Garansi jaminan keamanan dan kerahasiaan transaksi, laporan penjualan harian, dan adanya fitur pre-order.

Jadi, buat Anda yang mau memulai bisnis online jangan takut dan ragu selama mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik. Lalu, raih lebih banyak keuntungan dengan memiliki situs online sendiri.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.