Kehadiran Data Center untuk Menunjang Kegiatan Bisnis

Mengapa Data Center Penting Dalam Bisnis?

Meskipun sebelum masa pandemi jarang orang awam mengenal istilah pusat data atau data center, sebenarnya teknologi ini bukanlah hal yang asing di masyarakat digital dan pelaku bisnis, karena fungsi data center sudah cukup lazim dan sudah sangat diprioritaskan untuk mendukung berbagai kegiatan terutama yang bergerak secara online.

Secara singkat, data center dapat diartikan sebagai fasilitas teknologi berbentuk jaringan komputer dan ruangan untuk melakukan penyimpanan data, penyebarluasan data, pengaturan, pemrosesan, dan lainnya yang berkaitan dengan data. Selain itu, data center juga dapat difungsikan sebagai komponen utama dalam perangkat IT.

Jika sebuah bisnis atau perusahaan tidak mampu membuat dan mengelola data center sendiri, maka sekarang ini Anda tidak perlu khawatir lagi, Anda dapat menyerahkannya pada penyedia layanan pusat data.

Mengapa Data Center Penting Dalam Bisnis?

Mengapa Data Center Penting Dalam Bisnis?

Seperti penjelasan di atas bahwa data center memiliki fungsi sebagai penyimpanan data, itulah hal utama mengapa data center penting bagi bisnis. Anda tidak perlu khawatir data penting perusahaan hilang, baik karena kesalahan manusia maupun bencana alam, jika menggunakan data center.

Adanya data center akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis atau perusahaan. Data center akan menjamin keberlanjutan operasional perusahaan karena telah dirancang agar mencapai zero failure, serta mendukung skala kebutuhan perusahaan dan mampu disesuaikan dengan kebutuhan layanan. Selain itu, benefit lain data center adalah:

  • Berperan untuk menjamin sistem keamanan data perusahaan
  • Dapat memangkas biaya investasi perangkat dan operasional harian
  • Hadirnya data center juga akan mengurangi risiko tumpang tindih data antar divisi di organisasi

Tips Memilih Data Center

Ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi oleh data center, tidak cuma soal spesifikasi hardware dan teknologi seperti tape drives, hard disk, software, backup, cloud, teknologi storage, dan lainnya, tetapi juga soal reputasi dan keandalan penyedianya.

Salah satu hal utama yang penting dipertimbangkan saat memilih penyedia data center adalah kemampuan menyediakan kepadatan daya (power density) yang haruslah tinggi, karena kebutuhan penyimpanan akan terus bertambah seiring berkembangnya bisnis. Tentunya hal ini akan mempengaruhi penggunaan daya listrik, sehingga penting juga untuk menggunakan layanan data center yang mempunyai kepadatan daya listrik tinggi dan punya cadangan daya yang pasti.

Skalabilitas juga sangat penting karena akan menyesuaikan semua infrastruktur sesuai dengan kondisi dan perkembangan data di kemudian hari. Kemampuan replikasi dan backup data harus sangat dipertimbangkan untuk mencegah terjadi masalah dan hal-hal yang tidak terduga yang bisa saja timbul di kemudian hari. Sistem kerja penyimpanan dan pemrosesan, netralitas penyediaan jaringan, dan bandwith juga perlu dipertimbangkan.

Tentunya biaya juga merupakan kriteria terakhir yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan memilih layanan data center. Pilihlah layanan yang memberikan harga yang sepadan dengan kemampuan menjaga keamanan data dan informasi penggunanya.

 Mengingat pentingnya data center bagi bisnis, maka jangan salah dan asal-asalan dalam memilih data center. Salah satu perusahaan data center di Jakarta yang patut dipertimbangkan adalah neuCentrIX, karena data bisnis Anda akan selalu aman tersimpan karena layanan neuCentrIX dapat diandalkan, baik dari fasilitas, infrastruktur, dan dukungan teknis.

neuCentrIX akan membantu kegiatan bisnis anda dengan berbagai dukungan seperti penyimpanan data dan layanan cloud. Segera hubungi neuCentrIX perusahaan data center untuk informasi lebih lanjut.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *