6 Langkah Mudah Mencetak Buku Sendiri, Ternyata Mudah Banget

Langkah Mencetak Buku Murah dan Mudah, biaya mencetak buku sendiri, cara mencetak buku novel sendiri, cara mencetak buku sendiri, cara mencetak buku sendiri dengan printer, cara mencetak cover buku sendiri, cara menerbitkan buku sendiri dari wattpad, cara menerbitkan buku sendiri di gramedia, cara menerbitkan buku sendiri di malaysia, cetak buku sendiri murah, cetak buku tulis sendiri, mencetak buku sendiri, menerbitkan buku sendiri adalah, menerbitkan buku sendiri gratis,

Langkah Mudah Mencetak Buku Sendiri – Zaman dulu menerbitkan karya buku sendiri harus menunggu bertahun-tahun bisa diterbitkan. Karena cara menerbitkan buku hanya terfokus di penerbit. Untuk bisa terbit harus diseleksi ketat agar layak terbit. Sekarang ini canggihnya teknologi dan tingginya informasi, menerbitkan buku sangatlah mudah. Biaya cetak buku murah dan bisa dilakukan diri sendiri.

Untuk mencetak buku tidak harus melalui seleksi ketat dan melalui penerbit. Saat ini sudah banyak jasa percetakan buku dengan sistem on demand, mencetak sesuai permintaan. Bisa untuk cetak buku  murah sebagai arsip pribadi atau komersial. Yang pasti memiliki buku sendiri sangat bisa dan mudah.

Bagaimana cara mencetak buku sendiri? Ada langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum sampai ke percetakan.

5 Langkah Mencetak Buku Murah dan Mudah

Langkah Mencetak Buku Murah dan Mudah

1. Siapkan Draft Final Tulisan

Bagaimana bisa mencetak buku jika draft tulisan saja tidak ada? Langkah pertama harus memiliki draft tulisan yang sudah selesai. Draf tulisan bisa berbentuk tulisan fiksi maupun nonfiksi. Tambahkan juga gambar-gambar yang ingin dicetak dalam buku.

Karya nonfiksi bisa berbentuk ilmiah, cerita traveling, kuliner, diskusi, hasil penelitian dan lainnya. Karya fiksi bisa berbentuk kumpulan cerita pendek, novel, puisi atau lainnya. Tujuan mencetak buku juga harus ditentukan apakah untuk pribadi atau dijual kembali.

Jika dijual kembali harus mengikuti kaidah perbukuan. Buku yang dijual bukan karya plagiasi, harus original. Isi buku yang bisa bermanfaat dan membuat orang lain ingin membacanya. Buatlah tulisan yang menarik dan original untuk menarik pembaca.

2. Pilih Percetakan/Penerbit

Langkah kedua carilah penerbit atau percetakan yang dipercaya. Bisa memberikan fasilitas cetak buku yang sesuai dengan harapan. Juga yang bisa bertanggung jawab terhadap isi buku yang akan dicetak. Karena ada yang menyalahgunakan konten tulisan untuk percetakan/penerbit tanpa izin ke penulis.

Carilah yang memiliki kualitas cetak bagus dengan biaya murah. Hasil cetaknya bisa dilihat dari portofolio penerbit/percetakan, biasanya ada hasil cetak buku yang pernah dikerjakan.

3. Kirim File Naskah

Setelah mendapatkan  tempat yang pas untuk mencetak buku, kini saatnya untuk kirim file naskah ke email penerbit/percetakan. Kirim tulisan dalam bentuk PDF, untuk gambar atau desain kirim dalam bentuk JPEG/Coral.

Pastikan sebelum kiriman file tulisan diperiksa kembali agar tidak ada yang terlewat atau salah penempatan. Susunan isi buku juga harus sudah selesai agar memudahkan proses pencetakan buku.

4. Biaya Cetak Buku

Siapkan dana untuk cetak buku dan buatlah perjanjian dengan percetakan/penerbit. Biasanya ada sistem bayar uang muka, bayar setengah ongkos cetak, atau dibayar lunas setelah dicetak. Untuk dana mencetak buku disesuaikan dari jenis kertas yang akan digunakan, jenis kertas cover, berapa banyak gambar berwarna yang dicetak, berapa halaman buku, jumlah buku yang akan dicetak, dan lainya.

5. Nomor ISBN

Tulisan yang siap cetak menjadi buku, terutama yang ingin dikomersialkan harus didaftarkan terlebih dahulu ke perpustakan nasional. Karena pembaca yang ingin memiliki buku sering melihat apakah sudah ada no ISBN atau belum. Jika ber ISBN berarti orangnya memang serius menulis, layak dibaca, dan lainnya.

Jika untuk arsip pribadi hasil cetaknya tidak harus menggunakan no ISBN. Untuk mendapatkan nomor ISBN bisa dilakukan sendiri atau fasilitas dari penerbit/percetakan buku.

6. Membuat Judul & Cover Buku

Orang akan membaca atau membeli buku seringnya melihat dari desain cover dan judul buku. Buatlah judul yang menarik agar orang lain penasaran isi bukunya. Desain buku juga harus menarik, unik, dan original.

Bisa juga untuk membuat judul sudah ditentukan sejak kirim naskah. Namun, terkadang bisa jadi ada perubahan setelah mendapatkan saran dari penerbit/percetakan. Agar judul bisa lebih unik lagi.

Terkadang fasilitas cover dan judul buku didapatkan dari penerbit/percetakan. Biaya sudah termasuk dalam cetak buku. Jika ingin menentukan sendiri itu pun itu tidak masalah. Bisa menjadi lebih hemat biaya cetak.

Jika semua langkah sudah dilakukan untuk cetak buku murah karya sendiri, sebaiknya lakukan pengecekan sebelum di cetak. Draft final buku yang akan dicetak bisa cek ulang agar tidak ada kesalahan pada hasilnya. Juga untuk mengecek apakah bentuknya sudah sesuai dengan ekspektasi atau belum.

Untuk cetak buku bisa atau bisnis sekarang ini bisa dilakukan di percetakan online only-print.com. Mencetak buku mudah hanya lewat online. Percetakan yang terpercaya dengan biaya terjangkau. Bisa cetak buku sistem satuan dan quantity. Jika satuan bisa mencetak mulai dari satu buah buku. Jika quantity mulai dari 20 buah buku hingga 1000 buku.

Cara mudah cetak buku murah di only-print.com pertama siapkan naskah dalam bentuk PDF. Kedua hubungi lewat nomor whatsapp yang tertera di website. Ketiga kirim naskah via email, dan kapan waktu selesai cetaknya. Setelah selesai dicetak akan dikirim ke alamat penulis. Akhirnya buku karya pribadi sudah bisa dilakukan.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *