5 Obat Nafsu Makan Anak Tradisional

Anak merupakan tanggung jawab bagi tiap orang tua. Segala sesuatu tentang anak kerap menjadi hal yang perlu diperhatikan, salah satunya nafsu makan anak. Saat anak tidak mau makan, orang tua akan khawatir dan mencari cara agar anak nafsu makan.

Pada anak usia dua hingga lima tahun, umumnya banyak mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini karena beberapa faktor seperti tumbuh gigi, gangguan pencernaan, sariawan atau sedang demam. 

Anak di atas lima tahun yang telah melewati fase pertumbuhan balita juga kerap mengalami penurunan nafsu makan dan membuat orang tua khawatir. Berbagai cara dilakukan agar anak nafsu makan dan terhindar dari stunting (kekurangan gizi).  

Orang tua perlu waspada jika anak terus menerus menolak untuk makan. Anak-anak membutuhkan energi untuk beraktivitas dan belajar banyak hal. Pola makan yang terganggu dapat mengganggu tumbuh kembang anak. 

Kenali Penyebab Anak Susah Makan

Menghadapi anak yang susah makan membutuhkan energi dan strategi. Sebelum memilih cara seperti apa yang akan dilakukan, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja penyebab anak tidak nafsu makan. 

Banyak orang tua yang fokus memberikan makanan penambah nafsu makan pada anak namun mengabaikan apa penyebabnya. Secara umum, penyebab nafsu makan anak berkurang karena gangguan kesehatan, gangguan tumbuh kembang atau alergi makanan.

Penderita penyakit Celiac memiliki alergi terhadap protein dan gluten. Penyebab lainnya ada pula Picky Eater atau anak yang pilih-pilih makanan. Si kecil hanya mau makan makanan yang ia sukai dan cenderung menolak makanan dengan rasa baru yang kurang disukai.

Alternatif Rempah untuk Obat Nafsu Makan Anak

Alternatif Rempah untuk Obat Nafsu Makan Anak
Alternatif Rempah untuk Obat Nafsu Makan Anak

Setelah mengenali apa penyebab anak tidak nafsu makan, Anda bisa menggunakan obat atau rempah tradisional yang dikenal dapat menambah nafsu makan anak secara alami. Anda dapat meracik jamu penambah nafsu makan anak secara mandiri di rumah.

Berikut ini beberapa rempah yang dikenal sebagai obat tradisional untuk menambah nafsu makan anak!

Temulawak

Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri, berkhasiat sebagai cholagogum atau bahan yang merangsang cairan empedu penambah nafsu makan. Rempah yang satu ini dapat mempercepat proses pencernaan lipid oleh lipase.

Sekresi kelenjar empedu akan meningkat, mengemulsi lemak dan secara tidak langsung dapat mempercepat pengosongan lambung. Setelah itu, nafsu makan anak akan semakin meningkat.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang berkhasiat mempercepat pengosongan lambung dan memperlancar pengeluaran empedu. Aktivitas saluran pencernaan dan nafsu makan anak pun akan meningkat setelah konsumsi kunyit.

Temu Ireng

Selain mengandung kurkumin, temu ireng juga mengandung senyawa sesquiterpene yang dapat mengatasi cacingan penyebab nafsu makan anak menurun. Rempah ini cocok dikonsumsi bagi yang ingin menambah berat badan.

Lempuyang Emprit

Lempuyang emprit ini mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat penghambat bakteri E. Coli penyebab infeksi saluran cerna anak. Pemberian lempuyang diharapkan dapat membersihkan pencernaan anak dari bakteri dan nafsu makannya kembali meningkat.

Lada Hitam

Kerja sistem pencernaan akan lebih meningkat dan anoreksia berkurang dengan mengkonsumsi lada hitam. Selain itu, lada hitam juga dapat membantu penyerapan zat gizi dalam tubuh agar lebih baik lagi.

Rempah-rempah di atas dapat diberikan kepada anak dengan dijadikan ramuan penambah nafsu makan berupa minuman herbal, bumbu masakan atau bisa juga ditambahkan ke makanan favorit anak.

Itulah beberapa rempah yang bisa dijadikan obat penambah nafsu makan anak. Sebagai orang tua, tentunya kita perlu lebih banyak belajar untuk menambah pengetahuan. Temukan berbagai informasi seputar farmasi di https://pafikabupatenbojonegoro.org/!

Tinggalkan komentar