4 Tips Memilih Pesantren untuk Anak

Tips Pilih Pesantren Terbaik untuk Anak

SMA Islam terbaik di Bandung adalah salah satu sasaran para wali murid, yang tidak hanya ingin anaknya pandai secara akademik, tapi pandai dalam beragama juga.

Belakangan, sekolah Islam juga banyak yang didirikan di bawah yayasan yang sama dengan pesantren. Dengan demikian, ilmu agama yang mereka dapatkan di sekolah, bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Karena satu dan lain hal, ada orang tua yang memutuskan memasukkan anak ke pesantren tanpa mencari informasi detail tentang sekolah tersebut. Padahal, anak sangat perlu dilibatkan dalam pencarian sekolah ini.

Mau tidak mau, anak kitalah yang nantinya akan bersekolah dan menghabiskan sebagian harinya di sana. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan, bagi orang tua atau kerabat yang ingin menyekolahkan anaknya ke pesantren.

Sebelum Memilih Pesantren, Lakukan Ini Yuk! Tips Pilih Pesantren Terbaik untuk Anak

Tips Pilih Pesantren Terbaik untuk Anak

1. Ajak anak diskusi

Sebelum mengambil keputusan memasukkan anak ke pesantren, akan sangat bijak jika kita mengajak anak berdiskusi terlebih dahulu.

Jangan sampai anak merasa terpaksa dengan keputusan tersebut. Jika ternyata anak sepakat atau bahkan anaklah yang meminta bersekolah di sana, tugas kita selanjutnya adalah memfasilitasi mereka dengan baik.

2. Mintalah saran dari orang yang dipercaya

Jika kebetulan kita memiliki seorang kenalan yang berkecimpung di bidang ini atau mungkin tokoh agama yang sudah dikenal, maka tidak ada salahnya untuk menanyakan beberapa referensi pesantren yang beliau ketahui.

3. Sinkronkan data

Setelah mengumpulkan informasi dari berbagai pihak, termasuk dari internet. Jika memungkinkan, cobalah untuk datang ke lokasi tersebut. Biasanya, pihak sekolah atau pesantren tidak akan keberatan jika calon orang tua meminta informasi.

Selain bertanya langsung kepada pihak pesantren, tidak ada salahnya untuk mencari tahu dari para alumni yang mungkin kita kenal, saudara yang pernah bersekolah di sana, hingga penduduk yang berada di sekitar bangunan pendidikan tersebut.

4. Pahami value pesantren

Salah satu yang penting sebelum memasukkan anak ke pesantren adalah memahami value pesantren. Apakah hal tersebut sama dengan visi misi kita sebagai orang tua?

Bingung PIlih SMA Islam Terbaik di Bandung?

Sebagai ibu kota provinsi, Bandung menjadi salah satu kota yang tumbuh kembangnya terbilang cepat. Karenanya, meskipun banyak sekolah berdiri, tetap saja memilih sekolah terbaik versi orang tua bukanlah hal yang mudah.

Memasukkan anak ke SMA Islam terbaik di Bandung, tentu menjadi sebuah bukti betapa orang tua ingin memberikan kualitas pendidikan dan ilmu agama yang terbaik untuk anak-anak.

Sebab, meski menggunakan label agama, kita tetap perlu mencari tahu apa saja visi misi sekolah tersebut. Apakah sesuai dengan value yang kita harapkan atau tidak.

Berikut ini ada sebuah pesantren yang bisa dijadikan rujukan. Adalah yayasan Al Ma’soem yang berada di Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor, Bandung. Bisa dibilang, yayasan ini adalah salah satu pesantren di Bandung yang cukup “mentereng”.

Nah, yuk kita kenalan dengan yayasan yang punya jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) ini.

Yayasan Al Ma’soem : Mengentaskan Generasi Muda dari Gagap Keimanan dan Iptek

Yayasan Al Ma’soem : Mengentaskan Generasi Muda dari Gagap Keimanan dan Iptek

Berdiri sejak tahun 1986, tentu saja Al Ma’soem sudah mencetak banyak sekali alumni. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah, dalam misi sekolah ini yaitu memberikan tempat pendidikan yang berkesinambungan.

Jika kita lihat, hal ini terbukti berbagai program pendidikan formal yang mereka miliki. Tidak hanya itu, Al Ma’soem sendiri juga memiliki fasilitas pendidikan non formal, seperti bimbel (bimbingan belajar) maupun pelatihan kursus.

Al Ma’soem tidak hanya mencetak generasi yang berpendidikan, tapi juga berakhlak mulia. Hal ini bisa kita lihat dari pemberian beasiswa terhadap siswa atau santri yang berprestasi, yang berupa potongan biaya pendidikan.

Tidak hanya itu saja, ternyata SMA Al Ma’soem sudah mendapatkan sertifikat akreditasi A. Sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Bandung, sekolah ini juga membangun jiwa kompetitif, baik melalui program beasiswa hingga program akselerasi.

Berkomitmen dalam membangun akhlak peserta didik yang baik, di sekolah ini juga ada kegiatan rutin membaca Al Qur’an hingga sholat dhuhur berjamaah (atau sholat jumat).

Tidak hanya itu saja, SMA Al Ma’soem ternyata juga menggunakan berbagai media digital untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk para siswanya. Informasi menarik selanjutnya adalah, sekolah ini juga memiliki kelas super atau internasional, loh!

Dengan semua hal yang ada di sekolah ini, maka tidak heran jika mendapatkan gelar sebagai salah satu SMA terbaik di Bandung.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *