5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Operasikan Electric Hoist

electric hoist

Bekerja pada sebuah proyek dengan berbagai peralatan berat, tentu membutuhkan kehati-hatian yang ekstra. Apalagi jika ada benda yang harus diangkat ke atas dan dipindahkan ke tempat lain. Keberadaan mesin electric hoist menjadi sangat penting di sini.

Bagi pekerja proyek, electric hoist bukan hal yang baru untuk dikenal. Sebagian besar benda-benda proyek dipindahkan menggunakan electric hoist ini, sehingga lebih aman dan praktis. Kebutuhan akan electric hoist inilah yang membuat perusahaan jual electric hoist sesuai dengan kebutuhan proyek.

Apa yang dimaksud Electric Hoist?

electric hoist

Electric hoist adalah alat berat yang berguna untuk mengangkat beban berat menggunakan mesin pengangkat beban. Alat ini memiliki standart listrik 220 V / 380 V dan dapat mengangkat benda dengan penambahan rel agar dapat berpindah.

Electric hoist dirancang khusus untuk mengangkat beban secara vertical. Kalaupun miring, sudut inklinasinya atau sudut kemiringannya kurang dari 45 derajat. Alat berat ini sudah dilengkapi dengan sakelar pembatas beban sebagai sistem keamanannya, sehingga dapat meminimalisir benda tergelincir saat diangkat.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Electric Hoist

Bekerja dengan menggunakan electric hoist memang butuh pengawasan yang ekstra. Fungsinya yang vital membutuhkan kehati-hatian saat mengoperasikannya. Karenanya ada 5 hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan electric hoist, diantaranya :

1. Selalu Periksa Electric Hoist Sebelum Menggunakannya

Sebelum menggunakan electric hoist, pastikan untuk selalu mengecek semua keadaan. Apakah sudah siap untuk digunakan, apakah tidak ada kabel yang terlilit, apakah mesin dalam keadaan optimal dan sebagainya. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi di tengah pengoperasian.

Jika pada saat pengecekan ternyata ditemukan adanya kerusakan, jangan pernah mencoba untuk membentulkannya sendiri. Serahkan perbaikan mesin pada ahlinya dan jangan gunakan mesin electric hoist untuk sementara waktu sampai perbaikan selesai dilakukan dan mesin dinyatakan layak untuk dioperasikan.

2. Periksa Berat Total dari Benda yang Diangkat

Mesin electric hoist mempunyai berat maksimal yang bisa diangkat. Pastikan menghitung berat benda yang akan diangkat sebelum mengangkatnya menggunakan electric hoist. Jangan sampai melebihi batas maksimal berat benda yang bisa diangkat, karena akan membahayakan semua orang.

3. Stabilkan Beban Sebelum Diangkat

Ketika benda sudah dipasang di electric hoist, jangan langsung mengangkatnya. Pastikan dulu benda yang diangkat sudah seimbang pada posisinya. Perhatikan juga sekeliling, jangan sampai ada orang berada di sekitar benda yang akan diangkat. Setelah semuanya aman, baru bisa mengangkat benda dengan posisi vertical ke atas membentuk sudut 90 derajat.

4. Pastikan Hook Hoist Tidak Mengganggu Aktivitas Saat Hoist Mati

Ketika electric hoist dalam keadaan mati, pastikan tinggi hook atau kait electric hoist melebihi kepala manusia, yaitu sekitar 2 sampai 3 meter. Hal ini untuk menjaga keamanan saat electric sedang tidak digunakan. Jadi saat electric hoist tidak digunakan, pastikan mesinnya dalam keadaan mati dan posisi hook atau kait berada lebih dari 2 meter di atas kepala manusia.

5. Pastikan Posisi Electric Hoist Selalu Tegak Lurus

Posisi rantai harus selalu tegak lurus membentuk sudut 90 derajat. Jika posisinya miring, electric hoist akan bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini akan mengakibatkan kerja mesin juga lebih ekstra, sehingga rantai bisa cepat aus. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka kerusakan mesin pun tak dapat dihindari.

Jual Electric Hoist di Megajaya

Jual Electric Hoist di Megajaya

Kebutuhan electric Hoist untuk memperlancar pekerjaan proyek di lapangan saat ini perlu diperhitungkan. Berbagai tingkat keamanan dan sistem pengoperasiannya menguntungkan perusahaan, sehingga pekerjaan bisa lebih mudah dilakukan.

Salah satu perusahaan yang menyediakan jual electric hoist adalah PT. Sumber Mega Jaya, yaitu perusahaan distributor electric hoist terpercaya di Indonesia. Pilihannya beragam dengan spesifikasi yang jelas.

Perusahaan bisa menemukan spesifikasi mesin electric hoist yang sesuai dengan kebutuhan. Harga yang diberikan pun termasuk harga terbaik dengan kualitas yang handal. Ada label yang disematkan di setiap mesin, sebagai petunjuk dan juga peringatan.

Stiker penunjuk dan peringatan itu sebaiknya tidak dilepas karena fungsinya sebagai keamanan sistem. Masing-masing mesin juga dilengkapi dengan petunjuk pengoperasian dan cara perawatannya. Pastikan ada ahli yang bisa memahami mesin dan merawat mesin secara baik. Dengan begitu kondisi mesin selalu dalam keadaan optimal dan siap untuk digunakan.

Informasi selengkapnya mengenai jual electric hoist ini bisa dilihat di www.megajaya.co.id

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *