5 Kelebihan Menggunakan Domain .ID

Mengenal Domain .ID

Beli domain saat ini memang harus dipertimbangkan segala sesuatunya. Hal tersebut dikarenakan domain berpengaruh terhadap mutu sebuah perusahaan. Terutama pada perkembangan penjualan dan kredibilitas perusahaan melalui website.

Pengingat pentingnya domain bagi sebuah website, tak heran jika pemilihan domain harus memperhatikan kebutuhan perusahaan. Domain .id misalnya. Sebagai domain lokal. Domain .id mulai banyak peminatnya. Ketertarikan penggunaan .id ini tak lepas dari beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Mengenal Domain .ID

Mengenal Domain .ID

Domain .id termasuk domain lokal. Menurut Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), pengguna domain .id di Indonesia mencapai 281 ribu pada tahun 2018. Angka ini meningkat 12 persen dibandingkan dengan penggunanya di tahun 2017.

Di Indonesia sendiri, pengguna domain .id mencapai 96,35 persen, sementara di luar negeri seperti Amerika Serikat, Singapura, Australia dan Jepang hanya 3,65 persen. Penggunaan domain.id yang lebih banyak digunakan oleh orang Indonesia tak lepas dari fungsi geografis dari penggunaan domain.id yang melekat padanya.

Sama seperti penggunaan domain .us yang lebih banyak digunakan oleh penduduk Australia dan .as oleh pengguna Amerika Serikat. Maka domain .id didominasi oleh penduduk Indonesia.

Keunggulan Domain .ID

Ekstensi domain ini dilirik oleh pengguna website karena memiliki beberapa keunggulan yang menguntungkan. Terutama pada bagian lokal yang memudahkan orang Indonesia menemukan artikel berbahasa Indonesia.

Beberapa keunggulan domain.id yang dimaksud diantaranya :

1. Identitas Jelas Bagi Pemilik Website

Pembuatan website dengan .id harus menyertakan identitas pembuat untuk keamanan website. Seperti KTP atau identitas penting lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui identitas resmi pemilik website sehingga keamanan website lebih terjaga.

2. Situs Lebih Kredibel

Keberadaan domain id yang jelas siapa pemiliknya, membuat situs lebih kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan. Jika terjadi kesalahan pada konten yang ada pada situs dengan domain.id, kita bisa meminta pertanggungjawaban pemilik website.

Karena itulah konten pada domain .id biasanya positif semua. Selain untuk membangun kredibilitas pemilik website, juga bagus untuk personal branding perusahaan. Semakin baik personal branding perusahaan, semakin banyak pengunjung yang datang ke situsnya.

3. Akses Lebih Cepat

Domain .id memiliki server di dalam negeri. Keberadaan server di dalam negeri ini tentu saja melancarkan akses lebih cepat daripada server luar negeri yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk sampai di Indonesia.

Keunggulan lainnya, pengguna domain id memudahkan pencarian konten berbahasa Indonesia sehingga cocok bagi website yang menargetkan pengunjung dari orang Indonesia.

4. Harga Lebih Kompeten

Beli domain .id terbilang menguntungkan karena harganya yang cukup terjangkau. Yaitu berkisar antara puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah saja. Berbeda dengan domain dari luar negeri yang menggunakan mata uang dolar.

Beli domain .id jadi lebih menguntungkan karena lebih kompeten dengan segala keunggulannya yang lain seperti akses cepat dan keamanan terjaga.

5. Penggunaan Lebih Aman dan Nyaman

Sejak awal pembuatan .id, sudah ada identitas pemilik yang harus disertakan sebagai bukti keamanan. Hal ini bertujuan untuk melindungi pemilik dan juga masyarakat akan konten yang ada di dalam website. Pemilik bisa lebih berhati-hati dalam membuat konten, dan masyarakat bisa meminta pertangung jawaban jika terjadi kesalahan dalam isi konten dari website berdomain .id

Data pemilik domain .id pun sudah tercatat dalam Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), sehingga jika pemilik domain.id melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia, maka PANDI bisa menghapus nama domain tersebut dan mengusutnya ke pengadilan.

Keamanan yang super ketat seperti ini memberikan kenyamanan dan rasa aman baik bagi pemilik maupun pengguna dalam memahami kode etik berinternet yang baik. Sehingga hanya konten yang baik dan positif yang disebarkan melalui website berdomain .id. Masyarakat pun merasa nyaman dan percaya kepada pemilik domain .id sehingga kredibilitas website pun dapat dipertanggung jawabkan.

Beli Domain .ID di Niagahoster

Beli Domain .ID di Niagahoster

Beli domain .ID yang menguntungkan bisa dilakukan di Niagahoster. Akses cepat, harga murah dan terjangkau serta layanan 24 jam nonstop. Pengguna pun merasa aman dan nyaman karena dilayani dengan baik.

Harga domain .id di niagahoster hanya Rp 200.000 saja per tahunnya dan dapat diperpanjang di tahun berikutnya.

Sebagai penyedia domain terpecaya, Niagahoster juga memberikan banyak promo menarik dan diskon spesial bagi penggunanya. Fitur domainnya lengkap dan bagi pengguna blogspot pun, tersedia fitur untuk migrasi dengan lebih mudah dan cepat.

Tunggu apalagi. Beli domain yang tingkat keamanannya tinggi dan kontennya dapat dipertanggung jawabkan. Langsung beli ekstensi domain ini saja di Niagahoster. Harga kompeten dengan pelayanan support 24 jam dan berbagai kemudahan akses, menjadikan domain .id di niagahoster patut dilirik dan dikembangkan. Kredibilitas perusahaan terjaga dan masyarakat pun nyaman dalam menikmati segala konten positif yang diberikan.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *