5 Manfaat Penerapan Big Data pada Sektor Logistik

Manfaat Big Data untuk Sektor Logistik

Big Data menjadi sumber kekayaan digital yang sangat penting untuk perusahaan. Big Data merupakan pusat penyimpanan data digital dalam berbagai bentuk, text, video, gambar, audio, history, dan bentuk penggunaan internet oleh penggunanya. Di Indonesia Big Data terpusat di Satu Data Indonesia sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam mengelola data secara besar.

Solusi Satu Data Indonesia menjadi sumber big data Indonesia yang bisa diakses oleh publik. Penggunaan solusi big data bagi perusahaan antara lain untuk menentukan inovasi bisnis yang banyak peminatnya, pengalaman konsumen dalam menggunakan produknya, dan efisiensi sistem operasional perusahaan.

Sumber dari big data yaitu semua kegiatan yang sudah terkoneksi oleh internet, antara lain:

  1. Internet of Things/IoT, IoT yang digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti smart garage, smart lamp, televisi pintar, dan kegiatan lainnya. Untuk bisa membuat aplikasi IoT dibutuhkan data dan akan memberikan data baru dalam penggunaannya.
  2. Penggunaan Media Sosial, Media sosial dari twitter, instagram, facebook dan aplikasi media sosial lainnya yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dari aktifitas sehari-hari pengguna medsos menjadi sumber big data.
  3. Penggunaan Aplikasi E-Commerce, Pengguna e-commerce menjadi salah satu sumber big data yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Itulah beberapa sumber data yang bisa diambil dari big data untuk menjadi Satu Data Indonesia dan menjadi bahan bagi manajer untuk mengambil perencanaan perusahaannya.

5 Manfaat Big Data untuk Sektor Logistik

Manfaat Big Data untuk Sektor Logistik

Logistik merupakan bidang yang penting untuk setiap perusahaan. Logistik mencakup usaha jasa kirim barang, pergudangan, persediaan stok barang, pengiriman barang, dan lainnya. Perusahaan yang terutama menghasilkan produk fisik membutuhkan efisiensi dalam pengelolaan logistiknya.

Agar pendataan lebih transparansi, cepat, dan efisien. Sehingga memerlukan big data yang menunjang kelancaran logistik. Berikut manfaat solusi Big Data untuk sektor logistik, yaitu:

1. Mengetahui Layanan Operasi Logistik

Sumber data dari pergerakan layanan transportasi pengiriman barang ke berbagai daerah maupun global menjadi satu pusat yang bisa mencakup data global. Data ini didapatkan dari aplikasi maps atau google maps.

Dari data layanan transportasi akan terlihat wilayah mana saja yang sudah menggunakan produk perusahaan. Yang masih jarang-jarang bahkan belum pernah bisa dijadikan ekspansi market penjualan. Melihat jalur logistik membantu dalam meningkatkan layanan transportasi.

2. Pengiriman Barang Berwujud

Pengiriman barang merupakan komunikasi antara perusahaan ke konsumen secara langsung. Data yang didapatkan dari interaksi ini berupa letak geografis pengiriman, demografi konsumen, respon terhadap produk, dan mengetahui target pasar. Big Data membantu untuk mendapatkan informasi terkait kepuasan konsumen terhadap produk dan kualitas produk itu sendiri.

3. Jaringan Informasi

Jaringan yang dibutuhkan dalam perlogistikan adalah rute transportasi dan arus informasi. Kedua data ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana arus produk tersebar luas di masyarakat. Dengan jaringan informasi yang banyak akan memberikan informasi yang penting guna meningkatkan layanan logistik.

4. Integrasi dengan Mitra Bisnis

Agar sistem logistik efisiensi perlu adanya integrasi dengan berbagai pihak. Dari pergudangan, distributor, pengiriman barang, hingga persediaan barang. Pendataan dan arus informasi tidak harus dilakukan secara manual. Dengan adanya big data bisa mengetahui arus barang dengan real time lewat aplikasi atau website.

5. Optimasi Operasional

Optimasi operasional merupakan manfaat dari adanya big data. Semua hal yang terkait dengan logistik sudah terhubung dengan jaringan internet. Manfaatnya dari geografis, demografi, sumber daya, pengiriman barang, dan hal lainnya yang terkait logistik sudah teroptimasi secara online. Hal inilah yang menjadikan tantangan bagi bidang perlogistikan. Agar data yang didapatkan bisa menunjang segala hal agar lebih efisien.

Dari manfaat Big Data untuk perlogistikan membutuhkan aplikasi sumber data yang lengkap dan valid. Untuk sumber datanya ada di Satu Data Indonesia dari Bigbox Telkom Indonesia.

Satu Data Indonesia

Satu data Indonesia merupakan program yang digagas oleh pemerintah guna menghasilkan penyimpanan data yang besar secara transparan dan bisa dipertanggungjawabkan. Alasan adanya Satu Data Indonesia (SDI) karena banyak data dalam bentuk hardcopy maupun hanya tersimpan secara individu.

Bigbox Telkom Indonesia

Bigbox merupakan produsen data terbesar sebagai implementasi dari SDI yang bisa diakses secara mudah, murah, dan cepat. Dengan adanya bigbox menjadi solusi big data di Indonesia. Sehingga banyak masyarakat yang mendapatkan informasi terkait data yang bisa menunjang kemajuan perusahaan.

Aplikasi Bigbox Telkom yaitu Big One yang merupakan singkatan dari Bigbox One Data. Yang merupakan pusat data sebagai solusi Satu Data Indonesia.

Demikian solusi big data untuk bidang logistik. Untuk sumber data resmi melalui Satu Data Indonesia yang sudah diimplementasikan oleh Bigbox Telkom Indoenesia.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *