6 Sirkuit MotoGP di Asia Tenggara

6 Sirkuit MotoGP di Asia Tenggara

Kejuaraan MotoGP yang diselenggarakan sejak tahun 1949 menjadi ajang para pembalap dan pabrikan untuk unjuk gigi. Hal ini masih terus berjalan sampai diresmikannya Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika untuk pagelaran tes pramusim dan arena balapan MotoGP.

Yang mana pagelaran tes pramusim akan dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2022 dan balapan MotoGP yang akan diselenggarakan pada 20 Maret 2022. Berita terbaru seputar MotoGP ini bisa kamu cek di laman triznesia.

Triznesia merupakan wadah digital yang menyediakan berbagai berita terhangat yang terlengkap dan dapat dipercaya baik mengenai hal-hal di dalam maupun luar negeri. Kamu bisa menjumpai akun triznesia melalui website dan akun sosial medianya di Instagram.

Berita sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika yang sempat dimuat di website triznesia ini ternyata hampir saja batal dalam penyelenggaraannya di Indonesia. Pasalnya CEO Dorna Sports melalui Carmelo Ezpeleta tidak setuju jika harus melakukan karantina selama 14 hari.

Carmelo lebih memilih untuk membatalkan ajang bergengsi di Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika, daripada harus melakukan karantina di lokasi yang menjadi tuan rumah dari penyelenggara tersebut. Pernyataan ini sempat membuat penggemar MotoGP cemas.

Namun pernyataan Panitia MotoGP itu nampaknya tidak akan mengubah rencana balapan yang akan dilaksanakan di Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika. Pasalanya Negara Indonesia hanya mewajibkan untuk melakukan karantina bagi tamu dari luar negeri selama satu minggu.

Dengan masa karantina yang hanya diwajibkan 1 minggu ini, maka pernyataan Carmelo akan ketakutannya tentang karantina selama 2 minggu itu dapat terjawab sudah. Berbagai pihak yang berperan di dalamnya juga berharap agar ajang kebanggaan itu dapat terlaksana dengan baik.

Sirkuit MotoGP di Asia Tenggara

6 Sirkuit MotoGP di Asia Tenggara

Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika saat ini memang sedang hangat diperbincangkan karena sebentar lagi akan ada kejuaraan tingkat dunia yang rencananya diselenggarakan di sana.

Tapi, apakah di Asia Tenggara hanya Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika yang menjadi tuan rumah kejuaraan itu?

Berikut ini beberapa sirkuit MotoGP di Asia Tenggara yang pernah mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kejuaran tingkat dunia tersebut.

1. Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika

Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika yang memiliki 17 tikungan dan panjang hingga 4,31 Km ini merupakan sirkuit pertama dengan mengusung desain jalan raya. Pada umumnya beberapa pembalap tidak menghendaki desain sirkuit yang mengadopsi konsep jalan raya.

Akan tetapi desain jalan raya ini tetap diaplikasikan dalam pelaksanaannya. Pasalnya, pada waktu yang akan datang Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika akan difungsikan sebagai jalan raya yang bisa diakses oleh masyarakat umum.

Tahukah kamu kenapa Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika ditetapkan sebagai lokasi untuk menyelenggarakan ajang kejuaraan MotoGP Maret 2022?

Hal ini karena Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika yang berlokasi di Lombok, NTB resmi ditetapkan sebagai lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan branding Bali Barunya. Konsep KEK ini sebenarnya sudah digagas semenjak era Soeharto.

Kemudian pelaksanaannya sempat mengalami kendala. Hingga akhirnya di era Jokowi pelaksanaan pengembangan kawasan Bali Baru ini baru selesai digarap. Keindahan panoramanya yang berbatasan dengan Samudera Hindia ini menjadi daya tarik andalannya.

Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika sengaja dijadikan sebagai tempat pelaksanaan MotoGP. Pemerintah berencana untuk mengangkat lokasi Bali Baru melalui ajang balapan tersebut.

Selain itu pihak-pihak terkait juga sudah mulai bersiap dengan potensi bisnis yang akan muncul di sana.

2. Sirkuit Sentul

Selain Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika, ternyata Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah dari kejuaraan MotoGP. Sirkuit yang digunakan pada pelakasanaan MotoGP yaitu Sirkuit Sentul yang berada di area Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Pertandingan MotoGP dilaksanakan sebanyak dua kali, yang pertama dilaksanakan pada 7 April 1996 dengan mengadakan kejuaran untuk kelas 500 cc, 250 cc, dan 125 cc.

Sedangkan untuk pelaksanaan yang kedua kalinya digelar pada 26 September 1997 untuk kelas yang sama.

Menurut wacana yang ada, Pemda setempat akan melakukan renovasi Sirkuit Sentul di tahun 2022 ini. Rencananya, setelah dilakukan renovasi maka namanya pun akan diubah menjadi West Java International Circuit.

3. Sirkuit Shah Alam

Sirkuit Shah Alam yang berlokasi di Slangor, Malaysia, sempat mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan ajang MotoGP sejak tahun 1991 sampai 1997. Kelas yang digelar pada lintasan sepanjang 3,69 Km dan 14 tikungan ini yaitu MotoGP 500cc.

Arena ajang balapan MotoGP pertama di Asia Tenggara ini kini sudah beralih fungsi semenjak dipindah tangankan kepada pihak developer.  Saat ini tempat tersebut sudah menjadi tempat untuk berteduh yang bergelimang kemegahan.

4. Sirkuit Johor

Sirkuit yang satu ini juga berada di Malaysia. Pada saat itu kejuaran MotoGP 1998 sudah akan diselenggarakan, namun kondis Sirkuit Shah Alam yang sedang berbenah tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan ajang bergengsi itu di sana.

Di lain sisi, Sirkuit Sepang juga sedang berada dalam proses pembangunan, sehingga belum siap digunakan untuk ajang balapan MotoGP. Maka dari itu, kemudian Sirkuit Johor dipilih sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan MotoGP 1998.

Sirkuit Johor sendiri memiliki panjang lintasan sejauh 3,86 Km. Pertandingan yang diadakan pada 1998 itu menyelenggarakan kejuaraan untuk kelas 500 cc, 250 cc, dan 125 cc.

Sejauh ini Sirkuit Johor hanya digunakan satu kali itu saja, yaitu saat kedua sirkuit lainnya tidak bisa digunakan.

5. Sirkuit Sepang

Sirkuit Sepang merupakan tuan rumah dengan rekor terbanyak dalam penyelenggaraan MotoGP. Sirkuit yang berlokasi di Selangor Malaysia memiliki panjang lintasan 5,5 Km.

Ia berkesempatan menjadi tempat balapan MotoGP semenjak proses pembangunannya selesai dilaksanakan. Keberadaan Sirkuit Sepang berhasil menggeser dua sirkuit di Malaysia yang sebelumnya berkesempatan untuk menyelenggarakan kejuaraan dunia MotoGP.

Sirkuit ini diberikan kesempatan untuk menyelenggarakan ajang tersebut sejak 1999 sampai dengan saat ini. Hanya saja pada tahun 2020 sampai 2021, ajang bergengsi MotoGP tidak diselenggarakan karena adanya Covid-19.

Akan tetapi karena kondisi Covid-19 saat ini sudah lebih bisa dikontrol, maka kejuaraan MotoGP pada tanggal 23 Oktober 2022 akan kembali diselenggarakan di sirkuit ini.

6. Sirkuit Buriram

Selain Indonesia dan Malaysia, Asia Tenggara juga memiliki Sirkuit yang digunakan untuk MotoGP yaitu berada di Thailand yang bernama Sirkuit Buriram. Panjang lintasan pada sirkuit ini yaitu 4,6 Km. Sirkuit Buriram sempat menjadi tuan rumah MotoGP 2018-2019.

Itulah ke-6 Sirkuit MotoGP yang berada di kawasan Asia Tenggara. Saat ini Panitia MotoGP sedang berfokus untuk mempersiapkan tes pramusim pada 11 Februari 2022 di Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika.

Setelah itu Panitia MotoGP harus bersiap untuk kejuaraan dunia MotoGP 20 Maret 2022 yang akan dilaksanakan di Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika juga. Info lebih lengkapnya bisa kamu cek di triznesia.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.