Mau Buat Aquarium Sendiri? Begini Cara Mudahnya!

√ Mau Buat Aquarium Sendiri? Begini Cara Mudahnya!

Stress karena sekarang kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah? Bahkan yang bekerja banyak juga yang memutuskan work from home. Tenang, mari pelihara ikan di rumah supaya lebih rileks dan menghilangkan stress, atau ingin lebih hoki dengan memelihara ikan jenis tertentu? Semua bisa membuat aquarium sederhana di rumah masing-masing setelah membaca artikel ini sampai selesai.

Alih-alih membuat kolam ikan, memelihara ikan di dalam aquarium juga pilihan yang cocok terutama buat Anda yang tak punya halaman untuk membangun kolam atau ingin menghemat uang dengan memelihara ikan dalam lingkungan yang lebih kecil. Ini dia panduan membuat aquarium sendiri di rumah.

1. Jumlah ikan dan juga ukuran aquarium

Pikirkan jenis ikan dan jumlah yang ingin dipelihara. Kalau memang jumlahnya sedikit kamu bisa menghemat biaya dengan membuat aquarium dengan ukuran lebih kecil atau aquarium mini. Tapi kalau punya dana lebih tak ada salahnya membuat aquarium dengan ukuran besar dengan jumlah ikan yang lebih banyak. Pertimbangkan lokasi aquarium di rumah untuk menjaga keamanannya.

2. Siapkan material dan juga peralatan

Siapakan material dan juga perkakas yang dibutuhkan untuk membuat aquarium. Siapkan pipa, kaca, lem tembak, lem silikon, pisau cutter, lakban, spidol, penggaris, dan lampu led strip atau lampu aquarium. Pastikan lokasi yang akan digunakan untuk aquarium sudah kosong. Jadi tak perlu khawatir proses pembuatannya merusak benda di sekitarnya.

3. Desain aquarium

Umumnya desainnya segiempat dan bagian atasnya terbuka, tapi kalau kamu ingin membuat desain yang lebih unik dan juga bisa jadi dekorasi rumah boleh-boleh saja asal sesuai kemampuan dan kreativitas kamu.

4. Potong kaca

Potong material kaca sesuai desain yang tadinya dirancang. Kalau ingin lebih aman potong kaca di tempat jasa pemotongan kaca ahli dan kamu akan mendapatkan hasil lebih rapi dan juga aman. Bagian pinggirnya juga bisa sekalian dihaluskan supaya tidak melukai Anda yang akan membuat aquarium.

5. Kerangka aquarium dan isi

Mulai merangkai aquarium dengan menyatukan semua kaca. Saat menyatukannya gunakan lakban untuk menahan dan pembatas lem. Satukan potongan kaca menggunakan lem silikon pakai alat tembak. Tunggu sampai lemnya mengering, lepas lakban dan juga sisa lem bersihkan pakai pisau cutter.

6. Memasang Pipa

Sudah berhasil membuat aquariumnya? Saatnya memeriksa kebocoran dengan memasukkan air ke dalamnya. Kalau tidak bocor, Anda bisa menambahkan pipa dan juga filter air sebagai penunjang hidup ikan-ikan yang akan berada di dalamnya. Pastikan pipa yang kamu gunakan kualitasnya baik supaya awet untuk waktu yang lama.

7. Menambahkan hiasan

Saatnya memasang hiasan aquarium. Paling mudah menggunakan lampu led strip. Kamu bisa cari tahu harga lampu aquarium di berbagai marketplace untuk mendapatkan harga terbaik. Selain lampu aquarium kamu juga bisa menggunakan batu, pasir, dan batu karang.

8. Masukkan Ikan

Sudah selesai? Pastikan air tertuang hingga penuh ya, supaya instalasi peralatan tidak rusak, aktifkan semuanya dan biarkan air tersaring supaya ikan tidak keracunan. Anda juga bisa teteskan obat untuk membuat air steril supaya lebih cocok untuk ikan. Biarkan air steril semalaman baru isi dengan ikan. Mudah bukan cara membuat aquariumnya? Silakan dicoba ya dan jangan ragu untuk berkreasi. Siapkan pakan yang cukup juga untuk ikan yang masuk ke dalam aquarium kamu. Semoga sukses membuat aquarium sendiri.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.