5 Cara Mengobati Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Sariawan menjadi satu kondisi yang menyebalkan bila ternyata tak kunjung sembuh. Terlebih bila anda telah mengonsumsi obat generik yang didapat dari warung dekat rumah. Padahal seperti Anda tahu dalam beberapa kasus sariawan akan sembuh dengan sendirinya.

Menjadi penting kiranya untuk memperhatikan beberapa penyebab sariawan dan kondisi yang bisa saja menjadi pemicu sariawan. Terlihat mudah tapi butuh komitmen untuk menjalankan beberapa hal sederhana berikut ini .

Cara Mengobati Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Cara Mengobati Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh
Cara Mengobati Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Sejatinya sariawan akan cepat sembuh bila Anda memperhatikan gaya hidup. Atau mudahnya mulai memperhatikan pola hidup sehat.

Dan berikut beberapa cara mengobati sariawan yang tak kunjung sembuh dan bisa dipraktekkan di rumah:

1. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Iritasi

Sariawan pada umumnya disebabkan karena adanya iritasi. Terutama bagi Anda yang hobi makan makanan yang pedas, asam atau keras maka potensi adanya iritasi cukup tinggi.

Sebagai gantinya maka pilih makanan yang bertekstur lunak. Hindari pula dengan makanan yang memiliki cita rasa kuat dan berpotensi menyebabkan iritasi.

2. Gunakan Garam sebagai Obat Kumur

Obat kumur tidak harus didapat dengan cara membeli cairan khusus. Namun Anda juga bisa mencoba dengan campuran sedikit garam dengan air hangat dan dijadikan obat kumur.

Atau bisa juga menggunakan obat sariawan herbal lainnya yang mudah ditemukan disekitar.  Lakukan secara berkala dan teratur, terutama saat kondisi sariawan tengah menyerang maka hampir bisa dipastikan rasa sakit akan berkurang.

3. Oleskan Salep atau Krim Anti-Inflamasi

Cara cepat menyembuhkan sariawan tentu saja dengan menggunakan salep khusus untuk sariawan. Salep atau krim anti inflamasi ini efektif untuk membantu menyembuhkan sakit sariawan dengan segera.

Hal ini karena krim ini mengandung kortikosteroid yang membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Cara menggunakan pun sangat sederhana dengan mengoleskan sedikit saja langsung pada bagian yang  sariawan.

4. Gunakan Larutan Khusus untuk Berkumur

Saat ini di apotek dengan mudah akan ditemukan larutan khusus untuk berkumur. Larutan ini pada umumnya mengandung peroksida hidrogen yang efektif membantu membersihkan dan mengurangi risiko infeksi pada sariawan.

Lakukan kegiatan ini pada pagi dan malam hari secara teratur. Selain menyembuhkan sariawan larutan ini akan membersihkan gigi dan menjaga kesehatannya.

5. Hindari Faktor Pemicu

Bagi Anda yang sering sariawan mungkin akan bertanya kenapa sering sariawan? Dan tentunya sariawan bisa terjadi karena banyak faktor.

Bukan hanya karena adanya gesekan atau cita rasa yang tidak nyaman. Akan tetapi juga ada banyak faktor lainnya yang menyebabkan sariawan seperti stres, kekurangan nutrisi atau adanya cedera.

Lakukan identifikasi hal apa yang mungkin terjadi dan lakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa jaga pola hidup sehat dan konsumsi aneka makanan yang sehat dan bergizi.

Edukasi terhadap kesehatan gigi dan mulut ini pun digalakkan oleh https://pafimamberamotengah.org/ agar setiap orang bisa sehat sepanjang hari. Tak hanya itu saja tapi organisasi bidang farmasi ini pun melakukan banyak kegiatan positif lainnya,

https://pafimamberamotengah.org/ berkomitmen untuk turut serta menjaga kesehatan masyarakat khususnya di Mamberamo Tengah. Menjadi pihak yang konsen terhadap kesehatan dan sehat menjadi hak setiap orang.

Tinggalkan komentar