Mengapa Penting Memiliki Asuransi Jiwa?

Mengapa Penting Memiliki Asuransi Jiwa?

Indonesia kembali berduka ketika kecelakaan bus di Mojokerto menelan korban 16 orang meninggal beberapa saat yang lalu. Kematian memang tak bisa ditolak, lalu bagaimana Anda harus menyiapkan diri ketika musibah datang? Membekali diri, lebih lanjut asuransi jiwa adalah jawabannya.

Dahulu orang berpikir bahwa mengasuransikan jiwa seperti berharap hal buruk akan menimpa. Padahal memiliki asuransi adalah memiliki dana cadangan untuk keadaan darurat. Hebatnya dana ini bisa dikelola menjadi investasi yang menguntungkan.

Sebenarnya apa untungnya punya asuransi jiwa?

Perlunya Memiliki Asuransi Jiwa

Setidaknya ada tiga alasan penting mengapa Anda harus mulai berpikir untuk memiliki asuransi jiwa. Ketiga alasan ini semoga makin membuka pemahaman Anda bahwa tidak pernah ada salahnya untuk memiliki asuransi jiwa. Berikut alasannya :

Sedia Payung Sebelum Hujan

Tidak ada orang yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bersiap-siap dari sekarang sehingga semua kekhawatiran akan hilang, demikian juga fungsi asuransi yang memberikan perlindungan pada Anda.

Ketika musibah datang, akan ada biaya yang dikeluarkan untuk perawatan di rumah sakit, menebus obat, dan lain sebagainya. Apalagi untuk penyakit kritis seperti kanker, dan musibah yang datang mendadak seperti kecelakaan. Hal seperti ini pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan umumnya orang tidak siap dana.

Meringankan Beban Orang Tercinta

Salah satu hal yang paling penting untuk diingat tentang asuransi jiwa adalah bahwa asuransi semata bukan untuk Anda, tapi untuk orang-orang yang Anda sayangi. Pikirkan tentang apa yang akan terjadi pada keluarga Anda jika Anda meninggal besok, atau bulan depan, atau tahun depan. Apa yang keluarga Anda perlu lakukan untuk tetap bertahan secara finansial?

Kalau Anda sudah punya tabungan untuk membiayai penyakit atau musibah yang menimpa Anda, sudahkah Anda siap akan nasib keluarga ketika Anda tergolek lemah di rumah sakit? Lebih parah lagi, jika Anda meninggal dunia, maka bagaimana keluarga bisa mendapat dukungan finansial yang pasti? Asuransi jiwa adalah jawabannya.

Asuransi Jiwa untuk Investasi

Lebih lanjut asuransi jiwa berfungsi sebagai sarana investasi. Melalui sarana investasi tambahan seperti unit link, Anda akan mendapat keuntungan karena dana akan dikelola dan berkembang dengan aman.

Dari pengelolaan dana akan ada uang pertanggungan. Ketika ada hal buruk yang terjadi, keluarga bisa mendapat uang pertanggungan. Bahkan jika tidak ada musibah pun, dana investasi masih akan bisa Anda terima sesuai dengan polis yang Anda ambil.

Mengenal Macam-macam Polis Berbagai Asuransi

Mengapa Penting Memiliki Asuransi Jiwa?

Untuk membuat Anda paham lebih lanjut tentang asuransi jiwa, Anda juga perlu mengetahui tentang polis asuransi dan jenis polis asuransi. Istilah polis asuransi mungkin sudah banyak didengar tapi kurang dipahami masyarakat. Ayo memahami artinya sebelum berasuransi.

Apa itu Polis Asuransi

Yang disebut polis asuransi adalah sebuah dokumen perjanjian antara perusahaan asuransi dan nasabah. Dalam polis ini diatur tentang syarat, komitmen, termasuk pengalihan risiko dan hal lainnya yang mengikat kedua belah pihak.

Ada beberapa jenis polis asuransi yang umum ditanggung oleh perusahaan asuransi di Indonesia. Inilah macam-macam polis asuransi tersebut.

Polis asuransi jiwa

Polis yang umum diminati para nasabah. Perusahaan asuransi memberikan pertanggungan pada nasabah berdasarkan nilai jiwa nasabah.

Polis asuransi mobil

Perjanjian kerja sama antara perusahaan asuransi dan nasabah. Jika mobil nasabah mengalami musibah, ada biaya pertanggungan yang dibayarkan.

Polis asuransi perjalanan

Banyak dipakai traveler. Berisi perjanjian tentang pertanggungan resiko jika nasabah dalam urusan bepergiannya mengalami musibah.

Polis asuransi kesehatan

Nasabah yang menginginkan kepastian ketika sakit atau kecelakaan menggunakan polis ini. Perusahaan asuransi bisa menanggung biaya perawatan medis nasabah.

Polis asuransi rumah

Sesuai namanya, objek yang ditanggung adalah tempat tinggal. Dokumen perjanjian ini mengatur pertanggungan bila ada musibah yang menimpa hunian nasabah.

Selain polis-polis berbagai asuransi ini, ada beberapa polis lain juga yang tak umum dimiliki orang. Sebut saja polis resiko perang, polis ditaksir, polis penyimpanan barang dan lain sebagainya.

Memilih Lifepal sebagai Penyedia Asuransi Jempolan

Lifepal adalah sebuah perusahaan marketplace online khusus produk asuransi. Lifepal berkomitmen untuk memberikan sarana informasi dan juga melindungi semua orang secara finansial.

Melalui Lifepal, Anda bisa membeli polis asuransi dari manapun dan kapanpun karena semua transaksi dilakukan secara online. Sama seperti membeli aneka barang di marketplace, bedanya melalui Lifepal produk yang ditawarkan adalah produk asuransi.

DI Lifepal Anda juga bisa belajar menentukan produk asuransi yang sesuai dengan keinginan investasi Anda. Anda bisa membandingkan polis satu asuransi dengan polis asuransi lainnya. Memilih perusahaan asuransi yang memberikan penawaran terbaik satu dengan lainnya.

Jangan khawatir tentang perusahaan asuransi yang tergabung di Lifepal. Perusahaan asuransi  terbaik di Indonesia sudah bergabung di sini. Jadi, ada bermacam-macam pilihan polis yang bisa Anda miliki. Tak ketinggalan juga, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, dan asuransi syariah.

Setelah Anda memahami lebih lanjut asuransi jiwa dan polis asuransi, sekarang waktunya Anda menjatuhkan pilihan pada produk asuransi yang paling Anda butuhkan. Gunakan aneka fitur pencarian dan tanya jawab di Lifepal yang akan memandu Anda memilih asuransi paling sesuai, bahkan jika Anda sangat awam dengan asuransi.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *