Plus Minus HP dengan Baterai Tanam

hp dengan baterai tanam

HP adalah perangkat kecil nan simpel yang sering menjadi teman kapanpun dan kemanapun seseorang beraktivitas ini nampaknya akan tetap selalu setia menemani dan tidak akan punah ditelan zaman.

Kesetiaannya menemai setiap langkah manusia membuatnya semakin canggih. Sebagai contohnya yaitu awalnya ia menggunakan baterai yang dapat dilepas, kini menjadi baterai tanam yang tidak bisa dilepas dari hp.

Inovasi ini tentunya memiliki efeknya tersendiri. Berawal dari salah satu efek yang ditimbulkan inilah akhirnya muncul pertanyaan bagaimana cara mengatasi Hp panas baterai tanam.

Mungkin Sebagian orang sudah berpengalaman perihal cara mengatasi Hp panas baterai tanam, tapi ada baiknya jika diulas kembali tentang efek baterai tanam dan cara mengatasi Hp panas baterai tanam.

Efek Samping dari Baterai Tanam

hp dengan baterai tanam

Setiap hal yang terjadi pasti mempunyai efek samping. Baik berupa efek positif maupun negatif. Begitu pula dengan adanya kebijakan inovasi baterai tanam. Efek samping apakah yang akan terjadi?

1. Desain yang Elegan

Dengan adanya baterai tanam maka dimensi Hp menjadi lebih ramping. Kerampingannya inilah yang membuatnya tampak lebih elegan. Dimensi yang ramping ini tidak akan ditemukan pada Hp dengan konsep baterai lepas.

Keeleganannya bisa membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Bahkan bisa membuatmu melupakan sejenak tentang berbagai permasalahan seputar cara mengatasi Hp panas baterai tanam.

Desain elegannya memfasilitasi penggunanya untuk bisa memasang dan melepaskan SIM card dan SD card tanpa harus membuka tutup belakang dan baterainya terlebih dahulu karena telah disediakan slotnya pada bagain samping Hp.

2. Relatif Lebih Aman

Konsep baterai tanam akan membuat ponsel tertutup rapat pada bagian belakangnya. Kebijakan ini akan membuat pin pada Hp relatif lebih aman karena tidak terjadi aktivitas gesekan yang mungkin melukainya.

Selain itu, apabila tanpa sengaja terjatuh pada permukaan berair, ia akan lebih aman dibanding Hp dengan konsep baterai lepas karena sisi belakang Hp baterai tanam tertutup rapat. Selain itu dengan adanya baterai tanam kamu bisa melacaknya saat ia hilang.

3.   Aktivitas yang Berbatas

Dibalik kelebihannya, konsep baterai tanam juga memiliki keterbatasan. Kamu tidak bisa melakukan hard restart dengan melepaskan baterai saat Hp ngehang. Hal yang bisa dilakukan saat itu adalah sabar menunggu atau pilihan terakhirnya yaitu memperbaikinya di gerai terdekat.

Baterai yang terpasang dengan kemampuan terbatas ini tidak bisa kamu ganti dengan baterai cadangan milikmu. Sehingga kamu harus mempersiapkan power bank atau charger untuk menge-charge dayanya.

Cara Mengatasi Hp Panas Baterai Tanam

Hp yang menggunakan baterai tanam cenderung akan lebih cepat panas dibandingkan baterai lepasan. Panas yang dihasilkan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya setting Hp yang kurang tepat, konsumsi daya karena penggunaan banyak aplikasi dalam satu waktu, ataupun bug yang terdapat pada Hp.

Lalu bagaimana cara mengatasi Hp panas baterai tanam?

1. Mengkalibrasikan Baterai

Kegiatan ini bertujuan agar bateraimu di setting sebagaimana kondisi awalnya saat masih baru. Sehingga sistem pada Hp dapat mengkalkulasi kapastiasnya sebagaimana mestinya.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menggunakan baterai ponselmu sampai habis total lalu mengisi dayanya kembali sampai 100% dengan kondisi power off. Kemudian aktifkan Hp-mu dan gunakanlah sampai baterai hampir benar-benar habis. Lalu lakukanlah pengisian daya kembali sampai menunjukkan 100% dengan kondisi Hp yang dinyalakan.

Lalu ulang kembali untuk terakhir kalinya agar menggunakannya sampai baterai habis. Setelah itu charge Hp sampai baterai full 100% dengan posisi Hp off. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan yaitu menghidupkannya kembali dan menggunakan seperti biasanya.

2. Merawat Baterai

Ada dua hal yang dapat dilakukan untuk merawat baterai. Hal pertama yaitu dengan tidak menggunakan Hp saat sedang mengisi dayanya. Sedangkan hal kedua untuk merawat baterai yaitu dengan mengisinya sebelum benar-benar habis.

Pada langkah kalibrasi memang disarankan untuk menggunakan Hp sampai baterainya mati total. Tetapi hal ini tidak disarankan pada pemakaian harian.

Setidaknya kamu harus mengisi dayanya ketika posisi baterai menunjukkan 10% dan menghentikan pengisian daya saat baterai penuh.

3. Menggunakan Charger Asli

Penggunaan charger yang asli lebih disarankan karena ia akan memberikan pasokan daya sesuai kebutuhan Hp-mu. Charger orisinil biasanya sudah diberikan bersamaan saat kamu membeli Hp, karena dia satu set dengan fasilitas lainnya saat membeli Hp baru.

Menurut kabar yang beredar, konsep baterai tanam pada ponsel akan menjadi hal pokok untuk kedepannya. Hal ini membuat para pengguna gadget harus mulai terbiasa dengan efek samping yang ditimbulkan oleh baterai tanam. Berdasarkan uraian di atas kamu juga sudah bisa menentukan cara mengatasi Hp panas baterai tanam mana yang perlu kamu terapkan saat ini.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.