3 Cara Kompres Video Gratis

3 Cara Belajar Pemrograman Dasar untuk Pemula, Cara Kompres Video Gratis

Beli hosting diskon 30% pasti menjadi incaran Anda yang menyukai dunia blogging. Terlebih di era digital hari ini, perkembangan teknologi terjadi dengan sangat cepat. Bahkan cara kompres video gratis juga sudah tersedia.

Video termasuk hasil dari perkembangan teknologi. File berbentuk video atau file video ini mampu menangkap, merekam, mengolah, dan memadukan gambar yang bergerak dengan suara. Sehingga sering kali, file video memiliki ukuran besar.

File video merupakan file yang disusun menggunakan sinyal elektronik, film seluloid, atau media digital lalu disatukan menjadi satu kesatuan utuh. Penggunaan file ini biasa dimanfaatkan sebagai sarana mengabadikan momen.

Beberapa momen yang diabadikan seperti aktivitas sehari-hari maupun aktivitas untuk kepentingan tertentu. Misalnya koleksi pribadi, keamanan, sains, bisnis, atau fenomena langka. Semua itu membutuhkan durasi lama dalam video.

Alhasil, file video menjadi berukuran besar dan memakan banyak ruang penyimpanan data. Khususnya di gawai dan PC. Oleh karena itu, Anda membutuhkan cara kompres online video gratis sebagai berikut.

Cara Kompres Video Gratis

Cara Kompres Video Gratis

File video berukuran besar akan menyulitkan Anda. Tidak hanya dalam perihal menyimpan tetapi juga membagikannya. Terlebih jika ukuran besar akan berimbas pada ruang penyimpanan yang penuh di ponsel dan PC.

Akibatnya ponsel dan PC akan mengalami lag karena keberatan data di ruang penyimpanan. Jika dibiarkan terus menerus bisa berdampak pada kerusakan besar pada mesin ponsel atau PC. Sehingga file video perlu dibagikan.

Proses kompres atau mengompres video hanya merupakan salah satu teknik memperkecil ukuran file video. Teknik lainnya bisa berupa dipotong atau satu file video dibagi menjadi beberapa file video dengan durasi lebih singkat.

Proses kompres video bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Secara online yakni menggunakan situs atau website resmi. Sedangkan secara offline yakni menggunakan aplikasi atau software tertentu yang diinstal di ponsel atau PC.

Selain itu, perlu diketahui bahwa kompres video secara online atau offline juga bisa berbayar atau gratis. Di tulisan kali ini, Anda akan memahami cara kompres video gratis.

Jangan lupa untuk memastikan koneksi internet tidak dalam gangguan. Hal tersebut lantaran Anda akan melakukan kompres video secara online. Agar tidak bingung lagi, yuk simak ulasannya sebagai berikut!

1. Menggunakan Software WinX Video Converter

Bagi Anda yang baru pertama kali mau melakukan kompres video, software ini tentu terdengar asing. Namun tidak demikian bagi Anda yang sudah terbiasa kompres video. Software ini sudah dikenal dan sangat mumpuni.

WinX Video Converter mampu mengubah atau mengompres lebih dari 200 format video. Caranya mudah dan tentu saja gratis saat digunakan. Anda bisa langsung download aplikasinya lalu diinstal di windows.

Ada banyak fitur-fitur yang memudahkan proses kompres video. Bahkan software ini dapat mengompres ukuran video 4k/HD tanpa mengurangi kualitas dari gambar maupun suara dalam video  tersebut.

Selain itu, semua jenis dan ukuran video juga bisa dikompres dengan software ini. Semua dapat dilakukan secara singkat dengan hasil kompres video yang memuaskan.

2. Menggunakan Aplikasi Movie Maker

Umumnya aplikasi Movie Maker sudah terpasang dalam komputer atau PC. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari OS (Operating System) Microsoft. Kalau belum ngeh ternyata ada aplikasi ini di PC Anda, coba dicek dulu deh!

Karena sifatnya bawaan, aplikasi ini sangat ramah dan mudah digunakan untuk pemula. Jadi meski Anda belum mahir dalam urusan editingi video dan lain-lain, aplikasi ini akan sangat membantu mengatasi situasi tersebut.

Ada banyak fitur yang disediakan oleh Movie Maker. Contohnya kompres ukuran file video, memotong video, memasukkan musik tambahan, dan memberikan efek video sesuai selera. Semua fitur tersebut sama sekali tidak berbayar nih!

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi lalu tambahkan video yang ingin dikompres. Kemudian tunggu hingga proses kompres selesai. Lalu simpan file video yang secara otomatis sudah berukuran kecil.

3. Menggunakan Aplikasi YouCut

Aplikasi satu ini sedang naik daun di kalangan anak milenial lho. Selain penggunaannya yang mudah, gratis, dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan di ponsel. Anda juga bisa menggunakan aplikasi YouCut ini.

Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu memasang aplikasi di ponsel. Kemudian buka aplikasi yang sudah terpasang. Pilih file video yang ingin dikompres ukurannya. Tunggu hingga layar tampilan editing muncul.

Anda bisa melakukan editing terlebih dahulu pada file video. Lalu melakukan proses kompres. Atau Anda juga bisa langsung melakukan kompres pada file video sesuai kebutuhan.

Ada banyak fitur dalam aplikasi yang memudahkan Anda. Jadi jangan ragu untuk mencoba berbagai fiturnya. Sebab, ada opsi kembali atau batalkan jika terjadi kesalahan editing. Nah, jika sudah file video hasil kompres bisa disimpan.

Masih banyak lagi cara kompres video gratis online yang tersedia. Seperti di situs VideoSmaller.com, aplikasi VidCompact, aplikasi Panda Video Compressor, atau situs Ezgif.com. Semua bisa dipilih sesuai selera Anda.

Untuk beli hosting 30% juga bisa dilakukan secara online. Anda bisa lebih hemat biaya dan memperoleh fasilitas hosting yang sama dengan harga normal. Hosting dengan ruang penyimpanan besar juga mampu menyimpan file video ukuran besar.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.