6 Skill Wajib untuk Menjadi Barista

Skill Wajib Seorang Barista

Mesin kopi Jogja menjadi semakin familiar. Khususnya di kalangan generasi muda. Ditambah lagi dengan perkembangan pesat jumlah kedai kopi dan semakin menjamurnya para penikmat kopi. Profesi barista pun ikut naik daun dan populer.

Tidak hanya itu, alat cafe Jogja dan kelas barista Jogja juga semakin banyak peminatnya. Wajar pamor barista kian meroket. Pekerjaan barista juga dikenal sebagai si pembuat kopi, yang berarti mereka meracik dan menyuguhkan kopi.

Tentu saja kopi yang diracik dan disuguhkan sesuai dengan permintaan Anda. Dan jangan salah paham dengan menganggap pekerjaan ini mudah. Sebab, kenyataannya tidak demikian. Seorang barista perlu mempunyai skill khusus.

Selain skill khusus dalam meracik dan menyuguhkan kopi, seorang barista juga harus mempunyai pengetahuan tentang kopi. Sehingga mereka punya skill secara teknis serta pengetahuan yang mumpuni. Tapi masih ada skill lain juga lho!

Jika Anda tertarik pada mesin kopi Jogja, alat cafe Jogja, dan kelas barista Jogja, maka Anda perlu tahu terlebih dahulu skill wajib untuk menjadi barista. Alhasil Anda bisa menjadi barista yang profesional. Berikut skill wajib seorang barista.

6 Skill Wajib Seorang Barista

Skill Wajib Seorang Barista

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk menjadi seorang barista, Anda harus dilengkapi dengan skill wajib seorang barista. Hal ini untuk membekali diri Anda dengan keahlian menjadi seorang barista.

Karena sekali lagi, menjadi seorang barista tidaklah mudah. Meskipun terlihat gampang tetapi profesi tersebut tidak mudah dijalankan. Apalagi jika Anda tidak memiliki kemampuan dasar terkait dengan kopi dan alat-alat racik kopi.

1. Memahami detail kopi

Seorang barista wajib memahami detail setiap kopi. Sebab, setiap racikan kopi memiliki aroma, rasa, dan ciri khas tertentu yang berbeda antara satu dengan lainnya. Anda tidak boleh hanya terpaku pada menu-menu yang ada di tampilan.

Anda juga perlu mempersiapkan diri jika ada pelanggan yang meminta kopi dengan racikan berbeda dari biasanya. Inilah alasan penting kenapa seorang barista perlu memahami detail kopi bukan hanya kopi secara umum.

2. Memahami Psikologi Konsumen

Tidak hanya paham detail tentang kopi, seorang barista juga wajib memahami psikologi konsumen. Hal itu karena seorang barista juga harus menyuguhkan kopi yang diracik kepada para konsumen. Tentu tidak boleh asal-asalan dong!

Untuk memahami konsumen, seorang barista perlu tahu cara berkomunikasi yang baik dan benar kepada mereka. Sehingga seorang barista harus ramah, humoris, mudah bergaul, dan mempunyai jiwa melayani konsumen dengan senang.

3. Bertanggung jawab dan mampu bekerja sebagai tim

Seorang barista wajib bertanggung jawab atas apa yang sudah diracik dan disuguhkan kepada konsumen dan pelanggan. Ketika kopi yang diracik dan disuguhkan tidak enak maka barista bertanggung jawab. Begitu juga sebaliknya.

Tidak hanya itu, seorang barista wajib mampu bekerja sebagai tim. Karena kopi harus diracik dan disuguhkan dengan cepat kepada konsumen dan pelanggan. Sehingga pekerjaan yang serba cepat ini perlu didukung oleh tim barista.

4. Skill teknis

Seorang barista tentu akan dipekerjakan di kedai kopi karena memiliki keahlian secara teknis yang mumpuni. Jika tidak, lalu bagaimana barista dapat menjalankan pekerjaan dengan baik. Jadi pastikan Anda telah menguasai skill teknis.

Skill teknis berhubungan dengan cara barista meracik kopi, menggunakan mesin kopi Jogja dan alat cafe Jogja sesuai fungsi. Bila perlu, ikuti juga kelas barista Jogja agar lebih terpercaya dan profesional sebagai seorang barista.

5. Memiliki kecepatan dan efisien dalam bekerja

Umumnya, kedai kopi memiliki jam-jam sibuk. Seperti di pagi hari, jam makan siang, dan jam pulang kerja. Di waktu-waktu tersebut, konsumen dan pelanggan akan memesan kopi secara bersamaan. Inilah tuntutan besar seoarang barista.

Barista wajib memiliki kecepatan dan efisien dalam bekerja agar mampu mengatasi jam-jam sibuk tersebut. Jika tidak maka kedai kopi akan kehilangan konsumen dan pelanggan. Bahkan berakibat fatal pada kerugian.

6. Mampu menjual produk kopi

Inti dari profesi barista tetaplah menjual produk kopi. Sehingga seorang barista wajib mempunyai skill sebagai sales. Tetapi, sales dalam bentuk yang lebih elegan. Karena seorang barista menggunakan cara menjual yang berbeda.

Barista mempertontonkan proses meracik kopi untuk menarik minat konsumen. Lalu barista juga menyuguhkan kopi yang enak dan terbaik untuk menjaga pelanggan membeli kopi kembali di kedai kopi.

Pusat Perlengkapan Kedai Cafe dan Mesin Kopi Terbaik

Setelah menguasai skill wajib untuk menjadi barista, Anda juga perlu tahu apa saja mesin kopi Jogja dan alat cafe Jogja terbaik. Semua itu tersedia di pusatkedai.com sebagai pusat perlengkapan kedai cafe dan mesin kopi terbaik.

Pusatkedai.com melayani penjualan secara retail dan pengadaan perlengkapan kedai cafe serta mesin kopi untuk cafe, hotel, resto, hingga coffeeshop. Tidak hanya di wilayah Yogyakarta tetapi juga wilayah di sekitarnya.

Selain itu, pusatkedai.com juga melayani desain interior untuk cafe, hotel, resto, hingga coffeeshop menggunakan tema desain yang kekinian. Ada banyak perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan pusatkedai.com ini.

Bahkan pusatkedai.com juga telah memberikan pelayanan di berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Denpasar, Pekanbaru, Malang, Lampung, Tulungagung, Gresik, Depok, hingga Bekasi.

Untuk informasi lebih banyak, Anda dapat melihat ke situs website resmi di pusatkedai.com yang memberikan beragam penawaran terbaik. Bisa juga memilih mesin kopi Jogja, alat cafe Jogja, atau kelas barista Jogja sesuai kebutuhan Anda.

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.